Advertisement

Biaya Pembangunan Tol Jogja Solo dan Tol Jogja Bawen Membengkak, Adhi Karya Ajukan PMN Rp2 Triliun dari APBN 2025

Newswire
Jum'at, 12 Juli 2024 - 14:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Biaya Pembangunan Tol Jogja Solo dan Tol Jogja Bawen Membengkak, Adhi Karya Ajukan PMN Rp2 Triliun dari APBN 2025 Pembangunan jembatan elevated Tol Jogja Bawen di Selokan Mataram di sekitar Desa Margokaton, Seyegan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Untuk menyelesaikan dua proyek strategis nasional (PSN), jalan Tol Jogja Solo YIA dan Tol Jogja Bawen, PT Adhi Karya (Persero) mengusulkan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari APBN Rp2,09 triliun untuk 2025.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (8/7/2024) lalu, Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson menjelaskan  alokasi dana tersebut untuk menyelesaikan jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo sebesar Rp1,92 triliun dan jalan tol Jogja-Bawen sebesar Rp173 miliar.

Advertisement

BACA JUGA: Susun RDTR, Pemkab Kulonprogo Berjanji Kawasan Tol Jogja-YIA Menguntungkan Masyarakat

Menurut Entus, kebutuhan PMN itu diajukan karena adanya perubahan kondisi pada pembangunan Tol Jogja-Bawen. Pertama, adanya kenaikan biaya konstruksi dan investasi dari Rp14,2 triliun menjadi berkisar Rp18,3 triliun.

"Kenaikan biaya konstruksi ini dalam upaya menjaga cagar budaya seperti Selokan Mataram dan situs-situs penting lainnya," kata Entus dikutip Jumat (12/7/2024).

Sementara itu, jalan tol Jogja-Bawen sepanjang 74,94 km terdiri dari enam seksi, yakni Sleman-Banyurejo, Banyurejo- Borobudur, Borobudur-Magelang, Magelang-Temanggung, Temanggung-Ambarawa, dan Ambarawa-JC Bawen.

"Jalan tol Jogja-Bawen, direncanakan selesai secara keseluruhan pada semester II tahun 2027," kata Entus.

Alasan kedua, lanjut Entus, adanya peningkatan saham Adhi Karya dari 12,5% menjadi 13,16% akibat pemegang saham lainnya tidak melakukan setoran modal pada 2022.

Perubahan kondisi juga terjadi pada pembangunan tol Solo-Jogja-Kulonprogo berupa perubahan saham ADHI dari 24% menjadi 47,18%.

BACA JUGA: Terdampak Tol Jogja-Solo dan Tol Jogja-Bawen, 3 SMK di Sleman Tak Semua Direlokasi

Pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo sepanjang 96,57 km oleh Adhi Karya terbagi ke dalam tiga tahap. Tahap I terdiri dari Kartasura-Purwomartani sepanjang 42,37 km, Purwomartani-Maguwoharjo sepanjang 3,62 km, dan Trihanggo-Junction Sleman sepanjang 3,25 km.

Tahap II menghubungkan Junction Sleman-Purworejo sepanjang 38,5 km, dan Tahap III Maguwoharjo-Trihanggo sepanjang 8,75 km. "Semua pekerjaan ini akan selesai pada 2026,” kata Entus.

“Dengan adanya PMN, PT Adhi Karya akan mampu mendukung penyelesaian PSN dengan tetap menjaga kesehatan keuangan perusahaan serta meningkatkan kapasitas usaha dan daya saing perusahaan,” ucap Entus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement