Advertisement

Partai Demokrat Gabung PDIP di Pilkada Gunungkidul 2024

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 17 Juli 2024 - 19:47 WIB
Maya Herawati
Partai Demokrat Gabung PDIP di Pilkada Gunungkidul 2024 Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih menyampaikan sikap politik PDIP dalam Pilkada 2024 di kompleks Sewokoprojo, Wonosari, Gunungkidul, Rabu, (10/7/2024). - Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—DPC PDIP dan DPC Partai Demokrat Gunungkidul sepakat berkoalisi dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.

Koalisi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU di Ding’s Coffee and Eatery, Logandeng, Rabu, (17/7/2024). Dalam pertemuan ini belum ada keputusan calon kepala daerah yang akan diusung.

Advertisement

Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan DPC Partai Demokrat menyatakan dukungannya untuk bergabung, mendukung, memenangkan, dan ikut mendaftarkan bakal calon kepala daerah ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul.

Partai Demokrat dan PDIP juga bersepakat untuk bergabung dalam satu fraksi di DPRD Gunungkidul.

BACA JUGA: Delapan Tim Siap Bertarung di Piala Presiden 2024, Ini Jadwal Lengkapnya

“Pada prinsipnya, Partai Demokrat memberikan kehormatan kepada PDIP untuk memenentukan siapa yang dicalonkan baik bupati maupun wakil bupati,” kata Endah ditemui di Ding’s Coffee and Eatery, Logandeng.

Endah menambahkan PDIP juga telah berkomunikasi lebih jauh dengan Partai Golkar beberapa waktu lalu.

Komunikasi atas izin dari Ketua DPD Partai Golkar DIY, Gandung Pardiman ini menentukan arah peta politik menjelang Pilkada.

Endah mengaku telah mengambil formulir pendaftaran calon kepala daerah di DPD Partai Golkar DIY dan telah mengembalikannya.

“Kami hanya dibatasi satu malam [terkait dengan pengembalian formulir]. Setelah MoU dengan Demokrat, kami akan komunikasi langsung dengan Pak Gandung Pardiman untuk menyampaikan hasil pertemuan dan MoU kami dengan Demokrat,” katanya.

Ketua DPC Partai Demokrat Gunungkidul, Henry Ardiyanto mengatakan keputusan koalisi dengan PDIP tidak terlepas dari rekam jejak PDIP dalam setiap perhelatan Pemilu.

“Kalau ditanya calon dari Demokrat tentu sudah siap. Tapi intinya itu kami sudah bersepakat memberi ruang seluas-luasnya kepada PDIP untuk mengusung,” kata Henry.

Henry menerangkan surat rekomendasi dari DPP Partai Demokrat akan turun dalam bentuk pasangan calon. DPC Partai Demokrat lebih dulu berkomunikasi dengan DPP ihwal koalisi dengan PDIP ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelar Pertemuan Tertutup, Prabowo Minta Masukan SBY Sebelum Dilantik Jadi Presiden RI

News
| Jum'at, 20 September 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement