Advertisement

Astra Honda Motor Terus Sinergikan Industri Dan Pendidikan

Media Digital
Kamis, 18 Juli 2024 - 17:47 WIB
Maya Herawati
Astra Honda Motor Terus Sinergikan Industri Dan Pendidikan Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengerjakan maintenance motor dalam kegiatan ESG Mission-Skena Garage, Kamis (18/7/2024). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

JOGJA—PT Astra Honda Motor (AHM) terus berkomitmen untuk mensinergikan kebutuhan industri dengan proses belajar di dunia pendidikan. Hal ini diwujudkan melalui program kerja sama SMK Binaan yang tersebar di berbagai wilayah, termasuk di Jogja.

Sejumlah murid SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Jurusan Teknik Sepeda Motor terlihat asyik mengecek dan menyetel motor di laboratorium yang menyerupai bengkel motor resmi Honda itu, Kamis (18/7/2024), dalam kegiatan ESG Mission-Skena Garage.

Advertisement

Dengan teliti mereka mengerjakan maintenance motor sesuai standar PT AHM, dengan peralatan yang juga disuplai dari PT AHM.

SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan salah satu SMK binaan PT AHM yang sudah berjalan sekitar 15 tahun.

Di SMK ini, mulai dari kurikulum, silabus, pengajar, peralatan dan laboratorium telah disesuaikan dengan kondisi lapangan yakni bengkel motor resmi Honda.

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro, menjelaskan di DIY saat ini sudah ada 13 SMK binaan PT AHM yang tersebar di lima kabupaten dan kota. Melalui program ini diharapkan output dari SMK binaan sudah sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

BACA JUGA: Tiga Bidang Tanah Tol Jogja-Solo di Sleman Belum Dibebaskan, Ini Kendalanya

“Tujuannya adalah kurikulum yang ada di pendidikan in line dengan yang ada di tempat kami. karena kami punya kurikulum sendiri. Harapannya, gap dengan industri tidak terlalu jauh. Kami mempersiapkan juga kompetensi gurunya, ada seminar, fitur teknologi yang di-update,” katanya.

Di SMK binaan juga dilaksanakan uji kompetensi untuk membuat standarisasi output, agar sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya serapan SDM dari SMK binaan yang masuk di PT AHM. “Dulu Cuma 20-30 persen, sekarang 60 persen ke atas,” paparnya.

Siswa lulusan SMK binaan dalam rekrutmen karyawan di PT AHM bisa langsung bekerja tanpa pembekalan pelatihan lagi, karena kompetensinya sudah sesuai. Untuk siswa lulusan SMK binaan ini, PT AHM juga memfasilitasi fitur karir.

“Siswa yang sudah kompeten seperti ini, bisa membuat CV, diunggah di portalnya AHM, itu dilihat main dealer seluruh Indonesia. Begitu membuka CV-nya, langsung ditindaklanjuti, mau interview langsung bisa,” ungkapnya.

Kepala SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Kustejo, menuturkan melalui kerja sama dengan PT AHM, apa yang diajarkan untuk jurusan Teknik Sepeda Motor disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan PT AHM. “Kita beberapa kali undang AHM untuk memberikan bimbingan pelatihan,” katanya.

Setiap tahun dilaksanakan uji kompetwnsi keahlian, sehingga siswa Teknik Sepeda Motor kompetensinya susah layak dan sesuai kebutuhan PT AHM. “Kerja sama ini semoga selalu berlanjut di kemudian hari, sehingga anak-anak kami mrmiliki kompetensi yang memadahi, syukur-syukur bisa ditetima di PT AHM,” ungkapnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement