Advertisement

Peringati Harganas, BKKBN DIY Beri Penghargaan Kepada Puluhan Kader

Media Digital
Minggu, 21 Juli 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Peringati Harganas, BKKBN DIY Beri Penghargaan Kepada Puluhan Kader Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X didampingi Kepala BKKBN DIY Hasto Wardoyo memberikan penghargaan kepada puluhan kader program keluarga berencana pada perayaan Hari Keluarga Nasional di Waduk Sermo, Kulonprogo, Minggu (21/7/2024). - Triyo Handoko

Advertisement

KULONPROGO—Hari Keluarga Nasional (Harganas) dirayakan BKKBN DIY dengan memberikan penghargaan kepada puluhan individu dan lembaga yang berperan signifikan dalam program keluarga berencana di Waduk Sermo, Kulonprogo, Minggu (21/7/2024).

Perayaan ini dihadiri langsung Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, yang juga mantan Bupati Kulonprogo.

Advertisement

Dia menjelaskan prestasi BKKBN DIY cukup signifikan di kancah nasional, salah satunya mendapat peringkat kelima dalam Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga).

Setidaknya ada tiga parameter yang dinilai dari indeks tersebut meliputi ketentraman, kemandirian, dan kebahagian keluarga. Indikator yang perlu terus ditingkatkan di DIY dalam iBangga tersebut adalah kemandirian dengan tantangan kemiskinan masih jadi pekerjaan rumah bagi masyarakat Bumi Mataram. “Berbagai program unggulan terkait dengan pengembangan ekonomi dalam keluarga berencana khususnya penanganan tengkes bisa terus ditingkatkan,” papar Hasto, kemarin.

Tantangan lain program keluarga berencana yakni bonus demografi yang akan berakhir di DIY, yang sudah mulai terjadi di Gunungkidul. Ketika bonus demografi berakhir, maka generasi tua akan lebih banyak dibanding generasi muda.

Alhasil, dibutuhkan strategi yang matang agar tidak muncul berbagai permasalahan. Penguatan ketahanan remaja di DIY, lanjut Hasto, perlu digalakkan lagi supaya jadi solusi dari berbagai tantangan yang ada mendatang. Apalagi kondisi remaja saat ini memprihatinkan dengan salah satu indikatornya adalah umur berhubungan seksual pertama makin muda. “Rata-rata di kisaran 15-19 tahun itu remaja sudah berhubungan seksual utuk pertama kali,” paparnya.

Karena itu BKKBN DIY, terus mendorong penguatan Generasi Berencana (Genre) yang jadi wadah remaja untuk tak terjebak pada berbagai problematika tersebut.

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X menyampaikan pentingnya keluarga yang berkualitas. Dengan semakin berkualitas keluarga, maka hal itu akan mendukung tumbuh kembang anak.

Paku Alam X, yang membacakan sambutan Sri Sultan HB X, menjelaskan momen Hari Keluarga Nasional perlu jadi pengingat bahwa keluarga sebagai unit terkecil jadi syarat utama majunya sebuah bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement