Advertisement

Semarak Dirgantara 2024 Digelar di DIY, Ini Rangkaian Acaranya

Ujang Hasanudin
Rabu, 31 Juli 2024 - 05:37 WIB
Ujang Hasanudin
Semarak Dirgantara 2024 Digelar di DIY, Ini Rangkaian Acaranya Launching Semarak Dirgantara 2024 yang digelar di Museum TNI AU Dirgantara Mandala Lanud, Adisucipto, Selasa (30/7/2024). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Semarak Dirgantara yang merupakan agenda rutin tahunan dari TNI Angkatan Udara (AU) kembali digelar.

Momen ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan  di antaranya demo olahraga, bakti kesehatan, bakti sosial, gathering komunitas, pentas seni, drumband AAU, kirab prajurit bregada, kolaborasi orkestra, seminar nasional, dan pameran UMKM.

Advertisement

Kemudian Berbagai penampilan budaya Daerah Istimewa Yogyakarta maupun budaya milik TNI AU dan beragam atraksi kedirgantaraan akan dipusatkan di Landasan Pacu, Depok, Bantul pada 28-29 September 2024.
Sementara kolaborasi Yogyakarta Royal Orchestra milik Keraton Yogyakarta dengan Swa Bhuwana Paksa Orkestra milik TNI AU akan digelar dibalai kota Jogja pada 28 september 2024.

Sedangkan untuk seminar ketahanan sosial budaya dilaksanakan di hotel Royal Ambarrukmo pada 29 September 2024 dengan mengangkat tema Ketahanan Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar untuk Indonesia Emas 2045.
Asissten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Angkatan Udara (AU), Marsekal Muda TNI, Andi Wijaya mengatakan kegiatan Semarak Dirgantara merupakan kegiatan TNI AU yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam rangka membantu pemerintah daerah meningkatkan potensi wilayah untuk kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: KASAU Dukung Kemajuan Pendidikan Kedirgantaraan di ITD Adisutjipto

Pelaksanaan Semarak Dirgantara sendiri digelar setiap tahunnya dengan lokasi yang berbeda. Pada tahun 2024 ini, Daerah Istimewa Yogyakarta dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Semarak Dirgantara 2024.

Dikatakannya kegiatan ini diharapkan dapat menjalin kolaborasi yang kuat antara TNI AU dengan pemerintah daerah. Inti dari kegiatan Semarak Dirgantara 2024 yakni terbentuk ketahanan sosial budaya sebagai salah satu alat pemersatu bangsa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menggali, membina dan mengembangkan potensi aspek dirgantara menjadi komponen cadangan dan pendukung menjaga kelestarian dan budaya daerah, kearifan lokal, dan mengembangkan pariwisata serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini untuk mengokohkan, sehingga pada saat nanti Pilkada tidak terjadi politik identitas yang memecah belah bangsa,” terang Andi dalam sambutannya pada Launching Semarak Dirgantara 2024 yang digelar di Museum TNI AU Dirgantara Mandala Lanud, Adisucipto, Selasa (30/7/2024) dilansir dari laman resmi Pemkab Bantul.

Lebih lanjut, Andi mengatakan pemilihan D.I.Yogyakarta sebagai lokasi penyelenggaraan Semarak Dirgantara 2024 bukan tanpa alasan. Selain karena keistimewaannya, Yogyakarta dipilih karena budayanya yang kental dan nilai historis yang tidak dapat dipisahkan dari TNI AU. “Dimana para perwira TNI AU lahir di akademi AU di Yogyakarta,” imbuh Andi.

Assisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah DIY, Tri Saktiyana, yang hadir mewakili Gubernur D.I. Yogyakarta, Sri Sultan HB X, berharap kegiatan ini akan menjadi momentum untuk memperkuat kesatuan dan menunjukkan kebesaran bangsa.

“Semoga Semarak Dirgantara menjadi tonggak sejarah yang membanggakan bagi Yogyakarta dan Indonesia. Mari kita jadikan momentum ini untuk memperkuat kesatuan dan menunjukkan kebesaran bangsa kita,” ungkap Tri Saktiana.

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menjadi salah satu narasumber dalam Launching dan Talk Show Semarak Dirgantara. Pemkab Bantul menyambut baik penunjukan D.I.Yogyakarta khususnya Kabupaten Bantul sebagai pusat Semarak Dirgantara 2024. Selain untuk menarik kunjungan wisatawan, Pemkab Bantul juga berkomitmen untuk mendukung keterlibatan UMKM dalam gelaran ini. 

“Keterlibatan UMKM dalam Semarak Dirgantara ini tentu nanti akan ada semacam bazar UMKM yang turut memeriahkan, itu akan mengambil peluang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan apalagi saat demo udara di Pantai Depok,” tutur Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement