Advertisement

PMI Kota Jogja Operasikan Ambulans Baru Bersamaan Peluncuran Bulan Dana 2024

Alfi Annisa Karin
Rabu, 07 Agustus 2024 - 02:17 WIB
Sunartono
PMI Kota Jogja Operasikan Ambulans Baru Bersamaan Peluncuran Bulan Dana 2024 Peninjauan unit ambulans baru milik PMI Kota Jogja bertepatan dengan peluncuran Bulan Dana PMI 2024 di Balai Kota Jogja, Selasa (6/8/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—PMI Kota Jogja memulai penghimpunan Bulan Dana PMI 2024 setelah mengakhiri pungulan Bulan Dana PMI 2023. Saat bersamaan PMI Kota Jogja juga meluncurkan satu unit ambulans yang dilengkapi dengan peralatan medis, Selasa (7/8/2024).

Pelaksana Tugas PMI Kota Jogja Irjen Pol (Purn) Haka Astana MW menuturkan PMI Kota Jogja aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan. Mulai dari kegiatan penanganan bencana, donor darah, hingga pelayanan ambulans. Ada juga pembinaan bagi generasi muda, pendidikan dan pelatihan, serta pendampingan masyarakat. Haka menambahkan, Bulan Dana PMI di Kota Jogja selaly mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat.

Advertisement

BACA JUGA : Palang Merah Indonesia Bantu 500 Unit Tenda ke Pengungsian di Gaza

"Ini menunjukkan semakin kuatnya solidaritas kemanusiaan yang ada pada masyarakat di Kota Jogja," katanya saat peluncuran Bulan Dana PMI 2024 di Balai Kota Jogja, Selasa (6/8/2024).

Haka menyebut pihaknya turut melakukan pengadaan satu unit ambulans. Satu unit ambulans itu melengkapi fasilitas ambulans yang dimiliki oleh PMI Kota Jogja. Ambulans tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan ditambah sejumlah peralatan medis. Dari segi fasilitas, peralatn di dalam mobil ambulans itu pun terbilang lengkap. Penambahan fasilitas ambulans tersebu untuk menjamin pelayanan keadaan darurat untuk masyarakat bisa dilaksanakan secara maksimal.

Sejauh ini, PMI Kota Jogja memiliki 5 unit ambulans. Haka memastikan masyarakat bisa memanfaatkan ambulans milik PMI Kota Jogja ini. "Bagi masyarakat yang membutuhkan ambulans dapat menghubungi PMI Kota Jogja atau datang langsung ke Kantor PMI Kota Jogja yang beralamatkan di Jalan Tegal Gendu Nomor 25, Prenggan, Kotagede," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto turut meresmikan peluncuran Bulan Dana PMI 2024. Dia mengatakan, PMI Kota Jogja telah berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemanusiaan. Berbagai pelayanan yang dilakukan oleh PMI dalam bidang kemanusiaan, perlu didukung bersama.

"Perlu juga ada ide-ide kreatif dan upaya lain yang inovatif yang dapat menggugah empati sosial mayarakat. Dan saya berharap penggalangan Bulan Dana PMI tahun ini akan mampu mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,"  ujarnya.

Ketua Panitia Bulan Dana PMI 2024 Kota Jogja sekaligus Kapolresta Jogja Kombes Pol Aditya Surya Dharma menuturkan pada 2023 lalu Bulan Dana PMI mampu menghimpun dana hingga Rp 328 juta. Seluruhnya dikumpulkan melalui pendistribusian kupon Bulan Dana ke berbagai kalangan.

BACA JUGA : Mengantisipasi Praktik Ilegal, Pekerja Migran di Bantul Diminta Daftar ke P3MI Resmi

Mulai dari kelompok masyarakat umum dengan besaran Rp 2.000, kelompok PNS golongan I Rp 3.000, serta golongan II dan III Rp 5 ribu. Lalu PNS golongan IV sebesar Rp 10.000 , perpanjangan STNK untuk motor dan mobil Rp 3.000, dan perpanjangan SIM Rp 5.000. Aditya berharap masyarakat bisa turut serta pada kegiatan Bulan Dana PMI 2024.

"Semoga tahun ini dapat melampaui jumlah tahun lalu," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Belum Setahun Menjabat, Erick Thohir Copot Bayu Krisnamurthi dari Posisi Dirut Bulog

News
| Senin, 09 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement