Advertisement

Jadi Andalan, Pelayanan JKN Responsif dan Tanpa Diskriminasi

Media Digital
Sabtu, 10 Agustus 2024 - 03:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Jadi Andalan, Pelayanan JKN Responsif dan Tanpa Diskriminasi Salah satu peserta JKN Yulin Karlina saat ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta beberapa waktu lalu - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Salah satu mahasiswa yang juga peserta Program Jaminan Kesehatan (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan, Yulin Karlina menyebut JKN menjadi jaminan perlindungan kesehatan yang selama ini membantunya dan keluarganya.

Sejak di bangku SMA, Yulin kerap mengakses layanan kesehatan untuk berobat. Semua biaya layanan kesehatan dijamin oleh Program JKN.

Advertisement

"Alhamdulillah, sejauh ini JKN sangat membantu. Kebetulan saya dari kelas 1 SMA pasti ke dokter karena sakit flu, demam, dan sebagainya," ujar Yulin, belum lama ini.

BACA JUGA: Tak Ada Diskriminasi, Pasien Asal Gunungkidul Puas dengan Pelayanan JKN

Dia menyebut, pelayanan JKN di fasilitas kesehatan sangat responsif. Tenaga kesehatan yang menangani dirinya ataupun keluarganya juga ramah dan bersedia memberikan arahan. Yulin tak pernah merasa ada perbedaan dengan pasien penjaminan lain.

Berkali-kali dia bertanya dengan dokter yang bersangkutan dan selalu mendapatkan jawaban yang responsif dan memuaskan. Yulin sempat mengakses layanan kesehatan di beberapa rumah sakit, mulai dari Rumah Sakit Hardjo Lukito, Hermina hingga RSUD Senopati Bantul.

"Pada saat ibu saya masuk ke rumah sakit untuk operasi itu awalnya saya khawatir. Pada saat ibu saya bolak-balik ke dokter, Alhamdulillah semuanya responsif banget," ungkapnya.

Yulin mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan saat menggunakan JKN. Mulai dari perawatan hingga konsultasi dengan dokter dan perawat dia dapatkan dengan mudah dan tanpa kendala.

Dia berharap, Program JKN dan BPJS Kesehatan bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Yulin juga mengajak para peserta JKN untuk tidak menunggak membayar iuran.
"Alhamdulillah saya sudah pernah ke beberapa rumah sakit dan tidak ada perlakuan yang berbeda dengan yang pasien bukan JKN," ucapnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berwisata di Orbit Bumi, Miliarder Tangan Kanan Elon Musk Ini Akhirnya Berhasil Pulang

News
| Senin, 16 September 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement