Advertisement

Karya Desain Siswa SMK Turut Dipamerkan di JFT 2024

Sunartono
Minggu, 11 Agustus 2024 - 00:17 WIB
Sunartono
Karya Desain Siswa SMK Turut Dipamerkan di JFT 2024 Foto ilustrasi fashion show. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhelatan Jogja Fashion Trend (JFT) 2024 selain menampilkan desainer senior juga diikuti hasil karya desain baju para pelajar SMK. Karya pelajar SMK ternyata mampu bersaing dalam perhelatan tersebut.

Guru Desain Fesyen Kustin Andriyanti mengatakan di sekolahnya menerapkan pembuatan baju tau desain berdasarkan koleksi mulai dari desain hingga pola. Meski demikian sekolah tidak mewajibkan semua siswanya harus membuat karya desain, melainkan memberikan kesempatan kepada siswa yang bersedia dan memiliki minat.

Advertisement

BACA JUGA : Ini Dia 5 Tas Wanita dengan Harga Selangit, Termahal Tembus Rp61 Miliar

"Karena kami tidak ingin membebani siswa, kalau tidak mau membuat baju ya tidak kami paksa, tetapi yang mau kami motivasi dan fasilitasi," katanya, Sabtu (10/8/2024).

Adapun tema desain sepenuhnya yang menentukan siswa secara mandiri dengan diarahkan guru dalam sebuah tema besar. Ia mencontohkan ketika mengangkat desain tentang alam, maka para siswanya dapat mengembangkan idenya. "Misalnya sekelas ada 36 siswa, satu kelompoknya tergantung slotnya dibikin baju berapa, kalau yang tampil di JTF ini ada delapan," katanya.

JFT 2024 pada Sabtu menampilkan Kebaya Adhikari karya dari Kukuh Hariyawan, Puspawarni Roemah Kebaya
by Debby Maulana, Elegan by Ganjar Widiantoro, Nusantara by Arien. Serta beragam karya siswa SMKN 3 Malang di antaranya adalah Luminous Ballerina, Enigmatic Elegance, Imacolor by Daimatus Sa’adah, Emaharpros Kalimanthra X D'Line Batik hinga Unichloe Kebaya.

Panitia JFT 2024 Nyudi Dwijo mengatakan event JFT memang memberikan ruang kepada sejumlah SMK di Indonesia. Meski demikian karya desain milik para pelajar tersebut telah melalui proses kurasi, sehingga dipastikan telah memenuhi standar. Dirut Asmat Pro ini menegaskan para pelajar tersebut telah malang melintang di berbagai event fesyen di tanah air.

BACA JUGA : Bukan Kaleng-Kaleng, Segini Harga Fashion Mewah ala Pemain Timnas U-23 Indonesia

"Seperti SMK 3 Malang itu karyanya luar biasa, mereka bahkan sudah pernah mengikuti event fashion show di Paris Prancis. Karena memang karyanya bagus, JFT ini memfasilitasi banyak desainer, termasuk dari kalangan sekolah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement