Advertisement

Pedagang Ikan di Pantai Baron Dapat Tempat Baru

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 14 Agustus 2024 - 18:47 WIB
Maya Herawati
Pedagang Ikan di Pantai Baron Dapat Tempat Baru Ilustrasi ikan teri / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pedagang ikan yang selama ini menempati bangunan tempat pelelangan ikan (TPI) lama yang sudah direnovasi akan dipindah ke selatan TPI yang telah memiliki los tempat berjualan.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Gunungkidul menyebut ke depan akan melakukan perbaikan secara bertahap terhadap lokasi baru tersebut.

Advertisement

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Gunungkidul, Wahid Supriyadi mengatakan bangunan TPI lama atau di utara talut yang saat ini selesai diperbaiki akan digunakan sebgai gudang jaring. Gudang jaring selama ini berada di atas talut sekaligus menjadi tempat perbaikan mesin kapal.

Ihwal perbaikan talut, Wahid mengatakan perbaikan tersebut menelan biaya hingga Rp187,7 juta. Pekerjaan meliputi perbaikan talut penahan yang runtuh, dan perbaikan bangunan TPI, dan fasilitas pendukung TPI Baron.

Pekerjaan tersebut awalnya ditarget selesai pada 9 September 2024. Namun, pengerjaan dilakukan dengan cepat dan dapat selesai hingga inspeksi final pada 13 Agustus.

“Harapan kami dengan selesainya pekerjaan rehabilitasi talut Pantai Baron ini dapat lebih memberikan kenyamanan dan keamanan bagi nelayan dalam menjalankan aktivitas melaut,” kata Wahid dihubungi, Rabu, (14/8/2024).

BACA JUGA: Upacara Hari Pramuka, Belasan Pelajar Tertimpa Pohon Tumbang

Wahid mengatakan perbaikan yang dilakukan DKP diharapkan berdampak terhadap peningkatan produktivitas ikan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan maupun pemasukan pendapatan asli daerah (PAD).

TPI Baron hanya satu di antara delapan TPI yang ada di Gunungkidul. Tujuh TPI lain yaitu ada TPI Nampi, Gesing, Ngrenehan, Ngandong, Siyung, dan Sadeng.

Sementara, DKP mencatat produksi ikan di Bumi Handayani pada 2023 mencapai sekitar 16.500 ton. Ada kenaikan produksi ikan dibandingkan pada 2022 sebesar 16.289 ton. Sedangkan, angka produksi perikanan tangkap laut pada paruh pertama 2024 mencapai 1.903,90 ton.

Apabila melihat angka konsumsi ikan di Gunungkidul 29,83 kilogram (kg) per kapita per tahun dengan jumlah penduduk 770.883 jiwa, maka pasokan ikan di Gunungkidul tercukupi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jakarta Masuk 10 Besar Dunia dengan Kualitas Udara Terburuk Hari Ini

News
| Sabtu, 14 September 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement