Advertisement

Pilkada Kulonprogo, Ini Tugas Khusus Bhabinkamtibmas

Lugas Subarkah
Senin, 19 Agustus 2024 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Pilkada Kulonprogo, Ini Tugas Khusus Bhabinkamtibmas Pilkada 2024 - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Polres Kulonprogo menyiagakan sebanyak 88 personel Bhabinkamtibmas untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang. Mereka diminta memetakan kerawanan jelang pilkada di setiap wilayah.

Kasihumas Kulonprogo, AKP Triatmi Noviartuti, menjelaskan penyiagaan ini dimulai dari pemeriksaan kendaraan operasional Bhabinkamtibmas. “Setiap kendaraan diperiksa secara teliti, mulai dari kelengkapan surat-surat, kondisi mesin, hingga kebersihan kendaraan. Tujuannya adalah memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan siap digunakan,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Advertisement

Kelengkapan personel juga turut dicek seperti KTP, SIM, KTA, dan perlengkapan lainnya yang wajib dibawa oleh setiap anggota Bhabinkamtibmas. Pemeriksaan yang melibatkan Subdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda DIY ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap personel memiliki dokumen yang lengkap dan siap digunakan sewaktu-waktu.

Tidak hanya itu, sikap atau penampilan personel Bhabinkamtibmas juga perlu diperhatikan. Setiap personel harus dipastikan kerapihan seragamnya, sepatu, hingga kebersihan diri. “Penampilan yang rapi dan profesional dianggap penting karena mencerminkan citra institusi Polri di mata masyarakat,” ungkapnya.

Bhabinkamtibmas kata dia, harus betul-betul siap dalam menghadapi segala problematika yang ada di setiap tahapan Pilkada. Deteksi dini terhadap potensi-potensi kerawanan harus dimaksimalkan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan

“Bhabinkamtibmas juga diinstruksikan untuk memetakan kerawanan di wilayah tugas masing-masing. Dengan pemetaan yang akurat, potensi-potensi kerawanan dapat diantisipasi lebih dini, sehingga situasi tetap kondusif selama proses Pilkada berlangsung,” kata dia.

Para personel juga diingatkan untuk menjaga netralitas sebagai anggota Polri. Netralitas ini diharapkan dapat menciptakan suasana yang adil dan aman bagi seluruh pihak yang terlibat dalam Pilkada. Kehadiran tersebut tidak hanya sebagai penegak hukum, tetapi juga untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement