Advertisement

Jelajah Wisata Gunungkidul, Sport Tourism di Nglanggeran Terus Digenjot

Media Digital
Sabtu, 24 Agustus 2024 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Jelajah Wisata Gunungkidul, Sport Tourism di Nglanggeran Terus Digenjot Suasana start event Jelajah Wisata Geotrail Gunungkidul di Embung Nglanggeran pada Sabtu (24/8/2024). - Triyo Handoko

Advertisement

GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul menggelar event lari dengan tajuk Jelajah Wisata Geotrail Gunungkidul di Embung Nglanggeran pada Sabtu (24/8/2024). Ribuan orang berpartisipasi dalam gelaran sport tourism ini.

Gelaran lari dengan pemandangan indah kawasan wisata Nglanggeran ini dibagi dalam dua kategori, yaitu 3K dan 10K. Peserta dimanjakan dengan suasana perdesaan dan alam di sekitar Gunung Api Purba tersebut.

Advertisement

Kepala Dispar Gunungkidul, Oneng Windu Wardana menjelaskan event tersebut juga bertujuan memperingati 12 tahun Undang-Undang Keistimewaan DIY serta mempromosikan Geopark Gunung Sewu yang diakui UNESCO.

"Selain itu juga untuk menggenjot kunjungan wisata, meningkatkan wisata minat khusus terutama sport tourism juga memperkenalkan potensi wisata wellness di Gunungkidul," kata dia, Sabtu pagi.

Windu menerangkan sport tourism jadi salah satu fokus utama pengembangan pariwisata di Bumi Handayani, sebelum kegiatan ini gelaran serupa kerap diselenggarakan. "Sebelumnya kami bikin gelaran lari juga tapi di Pantai Krakal, ini sekarang di area pegunungan akan menambah event sport tourism lagi," jelasnya.

Gelaran lari di Embung Nglanggeran ini baru pertama diselenggarakan, jelas Windu, yang selanjutnya akan diupayakan sebagai event rutin. "Karena antusiasmenya tinggi sekali ada sekitar 1.789 orang maka akan diupayakan jadi event wisata rutin," ujarnya.

Tak hanya menunjang pengembangan pariwisata, lanjut Windu, event sport tourism itu juga meningkatkan akses UMKM dalam promosi karena diwadahi. "Kesejahteraan masyarakat juga meningkat, terutama pokdarwis dan usaha penginapan karena semuanya di sini full terisi," ujar dia.

Sementara itu Kabid Pemasaran Dispar Gunungkidul, Emy Nur Aini menerangkan event tersebut tak hanya lari tapi ada suguhan lain seperti hiburan. "Pada malam nanti acara akan dimeriahkan oleh penampilan bintang tamu Olski, Wawes, dan Masddho," ucapnya.

Event ini berlangsung sepanjang hari, dari pagi hingga malam, dengan tujuan meningkatkan length of stay wisatawan. "Utamanya akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement