Advertisement

Merapat ke Pasangan Heroe-Supena, Ini Alasan Demokrat Jogja

Alfi Annisa Karin
Selasa, 27 Agustus 2024 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Merapat ke Pasangan Heroe-Supena, Ini Alasan Demokrat Jogja Ketua DPC Demokrat Kota Jogja Rini Hapsari (kelima kanan) memberikan dukungan kepada PAN dan Nasdem, Selasa (27/8/2024) untuk mengusung Heroe Poerwadi dan Sri Widya Supena dalam Pilkada 2024. - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DPC Partai Demokrat Kota Jogja mendatangi Kantor DPD PAN Kota Jogja, Selasa sore (27/8/2024). Kunjungan ini dalam rangka menyerahkan dukungan Demokrat kepada PAN pada Pilkada Kota Jogja 2024 mendatang.

Ini turut menambah jumlah partai koalisi pengusung pasangan Heroe Poerwadi-Sri Widya Supena yang semula hanya diusung oleh PAN dan Nasdem.

Advertisement

Ketua DPC Demokrat Kota Jogja, Rini Hapsari menuturkan komunikasi dengan PAN sudah terjalin sejak lama. Demokrat punya hubungan yang baik dengan PAN maupun Nasdem.

Keputusan Demokrat untuk merapat ke barisan Heroe-Supena tak lepas dari kepribadian keduanya. Pasalnya menurut Rini Pilkada lebih menonjolkan sisi figur calon ketimbang partai. Ini berbeda dengan Pileg yang lebih menonjolkan kiprah partai politik.

Bagi Rini, Heroe sudah memahami dinamika berbagai persoalan di Kota Jogja. Apalagi, masa jabatan Heroe sebagai Wakil Wali Kota Jogja saat itu bersamaan dengan merebaknya pandemi Covid-19.

“Covid-19 bukan hal yang gampang. Bagaimana harus membangun kota, mengamankan kota, baik di tingkat prekonomian, maupun jalannya pemerintahan kota. Pak Heroe sangat bagus, bagaimana kita tahu pemerintah pusat harus refocusing sedemikian besarnya. Beliau bisa menjalaninya dengan baik,” ujar Rini saat ditemui di Kantor DPD PAN Kota Jogja, Selasa.

Selain soal menghadapi Covid-19, Rini juga menilai sosok Heroe Poerwadi punya nilai plus dalam upaya peningkatan perekonomian di Kota Jogja.

BACA JUGA: Afnan-Singgih Deklarasi untuk Pilkada Jogja, Sebut Kepemimpinan ke Depan Harus Khas Njogjani

Salah satu yang patut untuk terus dilanjutkan adalah program Gandeng-Gendong yang bahkan masih terus berjalan hingga saat ini. Menurut Rini, figur Heroe Poerwadi semakin lengkap saat bersanding dengan Sri Widya Supena. Supena, lanjut Rini, merupakan perwakilan anak muda yang bisa membawa Kota Jogja ke arah yang lebih baik.

“Kota Jogja ini banyak anak muda kreatif, kita bisa semakin memperkuat Pak Heroe yang sudah berkiprah lama dengan Mas Pena kita kombinasikan untuk Kota Jogja yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Sementara, Ketua DPD PAN Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan bergabungnya Demokrat ini menjadi bagian dari dinamika politik yang terjadi. Ini bukanlah akhir. Heroe mengatakan masih akan ada parpol lainnya yang bergabung. Namun, dia belum bersedia menjelaskannya secara detail.

“Kita semua bisa bareng-bareng punya cara pandang yang sama bagaimana memenangkan Pilkada ini, bagaimana memajukan Kota Jogja,” kata Heroe.

Dia mengaku sudah siap melakukan pendaftaran ke KPU Kota Jogja. Deklarasi nantinya akan digelar di Gedung Poenokawan atau Eks Gedung Wali Kota Jogja pada Kamis mendatang. Heroe sengaja memilih mendaftar di hari terakhir agar dia punya waktu lebih longgar untuk menyiapkan seluruh berkas dokumen.

Di sisi lain, Nasdem masih melaksanakan kongres dan diperkirakan besok baru sampai kembali di Yogyakarta. “Kami sudah kontak ke KPU bahwa kita pendaftarannya Kamis (29/8/2024). Jadi harapan kami, nanti datang sudah lengkap suratnya,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dirjen Anggaran Kemenkeu Terkait Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Kukar

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement