Advertisement

Mengenal Petilasan Gilanglipuro, Tempat Deklarasi Paslon Halim-Aris di Pilkada Bantul 2024

Jumali
Rabu, 28 Agustus 2024 - 07:47 WIB
Sunartono
Mengenal Petilasan Gilanglipuro, Tempat Deklarasi Paslon Halim-Aris di Pilkada Bantul 2024 Suasana situs Gilanglipuro sebelum deklarasi bakal paslon Abdul Halim Muslih-Aris Suharyanta pada Rabu (28/8/2024) pagi - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Bakal pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bantul Abdul Halim Muslih-Aris Suharyanta melakukan deklarasi di Situs Gilanglipuro, Kauman, Gilangharjo, Pandak, Bantul, pada Rabu (28/8/2024) pagi.

Deklarasi ini adalah rangkaian awal Halim-Aris sebelum akhirnya mendaftarkan diri ke Kantor KPU Bantul, siang harinya. Adapun bakal paslon Halim-Aris sejauh ini diusung oleh PKB, Gerindra, Golkar, dan PAN dan koalisi partai nonparlemen yang tergabung dalam Koalisi Partai Bantul Bersatu.

Advertisement

BACA JUGA : Pilkada 2024, Besok Pagi Halim-Aris Dijadwalkan Sowan dan Deklarasi di Situs Cikal Bakal Mataram

Lalu, apa keistimewaan dari Situs Gilanglipuro? Sehingga Halim-Aris memilih lokasi tersebut sebagai lokasi deklarasi?

Berdasarkan Babat Tanah Jawa, diceritakan jika usai berhasil mengalahkan Arya Penangsang (bupati Blora), Danang Sutawijaya atau Panembahan Senopati-cikal bakal pendiri kerajaan Mataram Islam Kotagede diberikan hadiah oleh Raja Pajang, Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir-ayah angkat Danang Sutawijaya berupa tanah di sekitar mataram dan pati.

Dalam perkembangannya, Danang Sutawijaya, bersama Ki Ageng Pemanahan-guru dari Danang Sutawijaya mengembara ke hutan Mentaok. Dan, saat mengembara, keduanya menemukan sumber air di sebuah batu, di petilasan Gilanglipuro.

"Di batu itu juga digunakan sebagai tempat salat, meditasi dan zikir oleh Danang Sutawijaya sebelum mendapatkan wahyu untuk mendirikan kerajaan mataram Islam dan lepas dari kerajaan Pajang," imbuh juru kunci petilasan Gilanglipuro, Untoro.

BACA JUGA : Koalisi Partai Bantul Bersatu Dukung "HaRis" Maju Pilkada Bantul

Bakal calon wakil bupati Bantul Aris Suharyanta mengatakan, dirinya bersama dengan bakal calon bupati Bantul Abdul Halim Muslih memilih lokasi petilasan Gilanglipuro, tidak lain karena beberapa pertimbangan.

"Jadi kami terinspirasi dengan perjuangan dari Panembahan Senopati. Dan, kami ingin melanjutkan spirit tersebut," kata Aris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa di Bandung Menyebabkan Sejumlah Kerusakan, Berikut Sejumlah Video yang Tersebar di Medsos

News
| Rabu, 18 September 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement