Advertisement

Tiga Paslon Jalani Cek Kesehatan di RSUD Wonosari, Ini Agenda Pemeriksaan Hari Pertama

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 30 Agustus 2024 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Tiga Paslon Jalani Cek Kesehatan di RSUD Wonosari, Ini Agenda Pemeriksaan Hari Pertama Ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Gunungkidul menjalani pemeriksaan kesehatan hari pertama di RSUD Wonosari, Jumat (30/8/2024). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Setelah merampungkan tahap pendaftaran pada Kamis (30/8/2024), tiga calon kepala daerah Gunungkidul, yaitu Endah Subekti Kuntariningsih–Joko Parwoto, lalu Sutrisna Wibawa–Sumanto, dan Sunaryanta–Mahmud Ardi Widanto menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD), Jumat (30/8/2024).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan selama dua hari hingga Sabtu (31/8/2024). “Pemeriksaan jasmani dan rohani. Pagi tadi, awal, sudah cek tensi dan ambil darah,” kata Asih ditemui di RSUD Wonosari, Jumat.

Advertisement

KPU membagi tiga paslon tersebut ke jalur-jalur pemeriksaan yang berbeda-beda untuk menghindarkan antrean dan saling tunggu. KPU menargetkan pemeriksaan kesehatan hari pertama selesai pukul 14.30 WIB.

Direktur RSUD Wonosari, Diah Prasetyorini mengatakan pemeriksaan hari pertama dimulai dengan pemeriksaan vital sign/ tanda vital seperti tensi, nadi, sistem pernafasan, suhu, dan pemeriksaan laboratorium darah.

Pemeriksaan juga telah dilakukan lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan ekokardiografi untuk menilai fungsi jantung, ultrasonografi abdomen, dan rontgen dada dan panoramic untuk gigi.

Setelah pemeriksaan rontgen, USG, dan ekokardiografi, pemeriksaan akan dilanjutkan oleh dokter spesialis yang meliputi anamnesis untuk menggali informasi terkait kesehatan dan pemeriksaan fisik oleh dokter spesialis seperti spesialis bedah, urologi, saraf, dan pemeriksaan penyakit dalam, lalu ortopedi. “Beberapa pemeriksaan akhir hari pertama ini nanti pemeriksaan urin rutin dan narkoba. Ada juga hari ini jam terakhir untuk pemeriksaan psikolog. Khusus calon perempuan ada pemeriksaan juga obstetri dan ginekologi,” kata Diah.

Adapun hari kedua, ketiga paslon akan melakukan pemeriksaan treadmill dan jiwa. Kurang lebih selama dua hari, ada sepuluh jenis spesialis yang terlibat, ditambah satu dokter gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Masih Dikerjakan Tanpa Kajian Hukum yang Memadai

News
| Rabu, 18 September 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement