Advertisement

Yuk, Intip Harta Kekayaan Cawalkot Jogja Mulai Afnan Hadikusumo, Heroe Poerwadi hingga Hasto Wardoyo

Alfi Annisa Karin
Minggu, 01 September 2024 - 19:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Yuk, Intip Harta Kekayaan Cawalkot Jogja Mulai Afnan Hadikusumo, Heroe Poerwadi hingga Hasto Wardoyo Pilkada 2024 - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Tiga calon Wali Kota Jogja telah mendaftarkan diri ke KPU Kota Jogja beberapa waktu lalu. Ketiganya adalah Afnan Hadikusumo, Heroe Poerwadi, dan Hasto Wardoyo yang maju di Pilkada Jogja 2024.

Baik Afnan, Heroe, maupun Hasto punya latar belakang riwayat jabatan yang berbeda-beda. Tentunya dengan besaran harta kekayaan yang berbeda pula. Berikut datanya berdasarkan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN).

Advertisement

1. Afnan Hadikusumo

E-LHKPN KPK menyimpan data laporan kekayaan milik Afnan Hadikusumo. Pada data milik KPK itu, Afnan terakhir melaporkan hasil kekayaan pada 31 Maret 2023. Di sana, tercatat kekayaan milik Afnan Hadikusumo mencapai lebih dari Rp 8,6 milyar.

Rinciannya meliputi data harta tanah dan bangunan berupa tanah seluas 120 meter persegi di Kabupaten Sleman senilai Rp 350 juta. Afnan juga tercatat memiliki harta kekayaan berupa alat transportasi dan mesin senilai total Rp 285 juta, dengan nilai paling tinggi adalah Rp 130 juta untuk mobil merek Toyota Avanza Minibus keluaran 2010.

Ada juga motor Honda X1H02N35M1 seharga Rp 20 juta. Tak hanya tanah dan alat transportasi, Afnan juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 220 juta serta kas dan setara kas senilai lebih dari Rp 7,8 milyar.

BACA JUGA: Maju Sebagai Calon Bupati Sleman, Segini Kekayaan yang Dimiliki Kustini dan Harda

2. Heroe Poerwadi

Adapun cawalkot lainnya, yakni Heroe Poerwadi, pernah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jogja periode 2017-2022. Dia mengajukan diri sebagai calon Wali Kota Jogja yang diusung oleh 8 parpol, yakni Golkar, Gerindra, PKS, PKB, PPP, PSI, Partai Buruh, dan Partai Ummat.

Dari laman E-LHKPN KPK, Heroe Poerwadi tercatat memiliki total harta kekayaan senilai lebih dari Rp 5,8 milyar. Di dalamnya terdiri dari harta tanah dan bangunan senilai lebih dari Rp 1,3 milyar. Heroe tercatat memiliki tanah hasil sendiri di Kabupaten Sleman seluas 528 meter persegi senilai Rp 225 juta.

Ada juga tanah seluas 219 meter persegi serta bangunan seluas 160 meter persegi di Sleman yang jika ditotal nilainya Rp 525 juta. Selain tanah dan bangunan, mantan wartawan ini juga tercatat memiliki harta kekayaan berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp 169,5 juta.

Aset kendaraan paling mahal yang dimiliki Heroe berupa mobil Nisan Livina X Tahun 2012 dan mobil Toyota Rush Tahun 2013 dengan nilai masing-masing Rp 70 juta. Heroe juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 7,5 juta, kas dan setara kas senilai lebih dari Rp 3,6 milyar, dan harta lainnya senilai Rp 715,5 juta.

3. Hasto Wardoyo

Terakhir, cawalkot ketiga yakni Eks Bupati Kulonprogro, Hasto Wardoyo. Saat mendaftarkan diri ke KPU Kota Jogja, Hasto tengah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala BKKBN. Hasto tercatat memiliki harta kekayaan senilai lebih dari Rp 5,6 milyar.

Hasto tercatat punya 9 lokasi tanah dan bangunan yang tersebar di Kabupaten Sleman dan Kota Jogja. Total nilainya adalah lebih dari Rp 3,9 milyar. Salah satu dengan nilai tertinggi adalah tanah seluas 284 meter persegi dan bangunan seluas 260 meter persegi dengan total nilai lebih dari Rp 1,6 milyar.

Selain tanah dan bangunan, Hasto juga punya harta kekayaan berupa alat transportasi dengan total nilai Rp 518 juta. Rinciannya, Hasto punya 12 alat trasnportasi roda dua dan empat. Diantara kendaraan dengan nilai tertinggi adalah mobil Mazda 3 5hb Rhd (Ce2000) 6eat Tahun 2019 senilai Rp 300 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berwisata di Orbit Bumi, Miliarder Tangan Kanan Elon Musk Ini Akhirnya Berhasil Pulang

News
| Senin, 16 September 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement