Advertisement

Pilkada Kota Jogja: KPU Datangi Sekolah hingga Kampus Paslon untuk Pastikan Validitas Dokumen

Alfi Annisa Karin
Senin, 02 September 2024 - 21:02 WIB
Sunartono
Pilkada Kota Jogja: KPU Datangi Sekolah hingga Kampus Paslon untuk Pastikan Validitas Dokumen Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tahapan pencalonan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja terus bergulir. Kini, KPU Kota Jogja masih menyelesaikan tahapan pemeriksaan kesehatan pada ketiga bakal pasangan calon. Hasil pemeriksaan kesehatan ini akan diserahkan dari RSUD Kota Jogja kepada KPU Kota Jogja pada 5-6 September 2024.

Hasil pemeriksaan itu nantinya akan diplenokan dan menjadi pertimbangan untuk menetapkan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja. Sejalan dengan itu, KPU juga akan melaksanakan penelitian dan verifikasi berkas.

Advertisement

"Kami akan melakukan penelitian administrasi berkas paslon tersebut ketika ada yang kami anggap kurang meyakinkan kami kemudian me-verifikasi," ujar Ketua KPU Kota Jogja Noor Harsya Aryo Samudro saat ditemui di RSUD Kota Jogja, Senin (2/9/2024).

BACA JUGA : Pilkada Sleman, KPU Masih Meneliti Seluruh Berkas Pasangan Calon

Harsya menambahkan, verifikasi berkas turut dilakukan dengan mendatangi beberapa lokasi secara langsung. Beberapa di antaranya adalah tempat sekolah hingga perguruan tinggi tempat bapaslon menimba ilmu. Ini untuk memastikan berkas atau dokumen yang dikeluarkan lembaga tersebut benar-benar valid. Ini dilaksanakan mulai 3-5 September 2024.

"Ke tempat di mana beliau misalnya ada sekolah SMA-nya, gelar kesarjanannya, atau namanya. Kami akan verifikasi ke 6 tempat. Untuk memastikan berkasnya memang benar dan sah," imbuh Harsya.

Nantinya, KPU Kota Jogja akan memberi kesempatan kepada bapaslon untuk memperbaiki berkas yang salah atau kurang hingga 21 September 2024. Selanjutnya, pada  22 September 2024 KPU Kota Jogja akan menetapkan bapaslon menjadi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja.

"Lalu, dilakukan pengundian nomer urut pada 23 September 2024," Katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seleksi Calon Pimpinan KPK Berlangsung Ketat

News
| Rabu, 18 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement