Advertisement

Pekan Depan, Nama Calon Pimpinan DPRD Bantul Sudah Mulai Diajukan Parpol

Jumali
Kamis, 05 September 2024 - 14:02 WIB
Sunartono
Pekan Depan, Nama Calon Pimpinan DPRD Bantul Sudah Mulai Diajukan Parpol Ilustrasi DPRD

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah partai politik mulai memasukkan wakilnya ke DPRD Bantul untuk mengisi posisi pimpinan dewan definitif pada pekan depan. Partai politik tersebut saat ini masih menempuh sejumlah mekanisme internal, sebelum akhirnya mengajukan nama dewan yang akan menempati posisi pimpinan DPRD Bantul 202-2029. 

Ketua DPD PKS Bantul Agung Laksmono telah mengajukan beberapa nama ke DPP PKS terkait dengan anggota DPRD dari Fraksi PKS yang nantinya menempati posisi Wakil Ketua III. Meski enggan membeberkan nama-nama yang diajukan dan dimintakan persetujuan ke DPP PKS, namun Agung mengakui jika ada namanya yang diajukan.

Advertisement

BACA JUGA : 55 Anggota DPRD DIY Resmi Dilantik, Ini Harapan Sultan HB X

"Tinggal nanti hasil dari DPP seperti apa. Setelah ada SK dari DPP, mungkin pekan depan, nanti akan kami ajukan ke Sekretariat DPRD terkait dengan siapa yang ditunjuk mengisi posisi pimpinan dewan definitif nantinya," kata Agung, Kamis (5/9/2024).

Hal sama juga diungkapkan oleh  Sekretaris DPC PDIP Bantul, Hanung Raharjo. Hanung yang saat ini menempati posisi Ketua DPRD Bantul sementara mengaku beberapa nama telah digodok oleh DPC PDIP Bantul. Nama tersebut, juga telah dibawa ke DPD PDIP DIY dan ke DPP PDIP.

"Nanti setelah ada keputusan, maka akan langsung disampaikan ke sekretariat DPRD dan pimpinan dewan sementara. Dan, mungkin baru pekan depan, partai-partai yang memiliki hak untuk mengajukan nama sebagai pimpinan dewan definitif akan mengajukan," katanya.

Kendati demikian, Hanung mengakui sampai saat ini sudah ada satu partai yakni Gerindra yang telah mengajukan nama pimpinan definitif, yakni Titis Ajeng Ganis Mareti. Titis, nantinya akan menempati posisi sebagai wakil ketua II DPRD Bantul.
"Adapun untuk posisi Ketua DPRD Bantul [diisi PDIP], Wakil Ketua I [PKB], Wakil Ketua III [PKS] belum ada surat yang masuk ke Sekretariat DPRD Bantul," ucap Hanung. 

Adapun Ketua DPC Partai Gerindra Bantul Datin Wisnu Pranyoto mengakui jika ada nama Titis Ajeng Ganis Mareti yang diajukan sebagai wakil ketua II DPRD Bantul. Untuk Datin yang juga anggota DPRD Bantul saat ini telah ditunjuk menjadi Ketua Fraksi Gerindra DPRD Bantul. "Ya, Mbak Titis [posisi wakil ketua II DPRD Bantul]," ucap Datin.

BACA JUGA : Ketua Komisi A DPRD DIY Ingatkan Presiden dan DPR RI untuk Tidak Melanggar Konstitusi dan Sumpah Janji Jabatan

Wakil Ketua DPRD Bantul sementara, Subhan Nawwawi mengatakan,  semua partai politik saat ini sedang menunggu rekomendasi dari DPP terkait pimpinan DPRD Bantul definitif. Saat ini, pimpinan dewan sementara,  sudah menyurati kepada partai yang punya calon pimpinan. "Maksimal, 15 September 2024, rekomendari terkait pimpinan DPRD Bantul definitif harus ada," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keberangkatan Belasan Calon Pekerja Migran Ilegal Digagalkan di Bandara Soetta

News
| Senin, 16 September 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement