Advertisement

Jurnalis Muda Jogja Didorong Maksimalkan Multimedia Reporting

Yosef Leon
Jum'at, 13 September 2024 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Jurnalis Muda Jogja Didorong Maksimalkan Multimedia Reporting Ratusan peserta Workshop Multimedia Reporting berfoto bersama dalam acara yang berlangsung di STMM MMTC Jogja pada Kamis (12/09/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan jurnalis muda didorong mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dalam menyuguhkan informasi berita kepada masyarakat luas. Mereka diajarkan untuk memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada untuk membuat konten informasi yang interaktif. 

Agenda yang diselenggarakan oleh Indonesian Institute of Journalism (IIJ), bekerja sama dengan Astra Indonesia dan Sekolah Tinggi Multi Media MMTC (STMM MMTC) Jogja itu diikuti oleh jurnalis, content creator, dan citizen journalist di wilayah DIY dan sekitarnya. 

Advertisement

Direktur Utama IIJ, Umar Idris mengatakan dalam acara ini para peserta diajak untuk menggali lebih dalam mengenai perkembangan dunia jurnalisme multimedia, mulai dari pemilihan perangkat yang tepat hingga teknik pembuatan konten yang menarik dan informatif. 

Adapun para narasumbernya adalah Heru Margianto (Managing Editor Kompas.com), Diyah Ayu Karunianingsih (Dosen Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Jogja dan Rendy Sadikin (Sekretaris Asosiasi Media Siber Indonesia Jogja). 

“Salah satu momen inspiratif dalam acara ini adalah kehadiran Alan Efendhi, penerima penghargaan SATU Indonesia Awards 2023 bidang kewirausahaan. Kisah sukses Alan dalam membangun bisnis sosial menginspirasi para peserta untuk menciptakan karya-karya yang memiliki dampak positif bagi masyarakat,” kata Umar, Jumat (13/9/2024). 

Head of Media Relations Astra, Regina Panontongan mengungkapkan inisiatif kolaborasi penyelenggarakan seminar dan workshop multimedia reporting ini sebagai sumbangsih Astra bagi pengembangan kreativitas. “Dan mendorong kolaborasi antara jurnalis profesional dan citizen journalist dalam memperkaya ranah digital dengan konten sehat dan inspiratif,” katanya.

Tujuan lainnya, sambung Regina, sejalan dengan semangat kreativitas dan inovasi, Astra juga meluncurkan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2024.

“Lomba ini mengajak masyarakat untuk mengirimkan karya foto dan tulisan terbaiknya dengan tema Bersama, Berkarya, dan Berkelanjutan dengan berbagai hadiah yang menarik, seperti sepeda motor, actioncam dan smartwatch,” katanya.

Pembantu Ketua STMM MMTC bidang Administrasi Umum RB Hendri Kuswantoro, menyatakan, kerja sama antara media, organiasi profesi, swasta, dan kampus dalam acara ini perlu terus dikembangkan. Hendri mengkungkapkan ada kebutuhan bagi kampus untuk mengetahui perkembangan di dunia industri. ”Kerja kolaborasi inilah salah satu cara efektif untuk menjawab kebuituhan itu,” katanya.  

Dalam kesempatan itu, Heru Margianto mengawali paparannya dengan menggambarkan situasi arus informasi pada platform digital. Menurutnya, ada berkah dan bencana dengan perkembangan digital saat ini. “Berkahnya banyak konten positif dan inspiratif. Bencananya, banjir informasi salah yang berkembang biak hingga dianggap sebagai kebenaran,” paparnya.

Adapun solusi untuk mengurangi bencana itu adalah dengan membuat konten baik yang menarik. ”Caranya ya dengan format multimedia. Teks, foto dan video menjadi sebuah format konten yang saling memperkuat dan mampu memikat audien,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa di Jawa Barat Dipicu Aktivitas Sesar Garsela

News
| Rabu, 18 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement