Advertisement

BEDAH BUKU: Wujudkan Generasi Hebat, Kesehatan Anak Harus Diperhatikan

Media Digital
Kamis, 19 September 2024 - 22:27 WIB
Maya Herawati
BEDAH BUKU: Wujudkan Generasi Hebat, Kesehatan Anak Harus Diperhatikan Agenda bedah buku berjudul Anak Sehat Anak Hebat, Membentuk Masa Depan Cerah yang digelar DPAD dan DPRD DIY di Sopalan, Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Sleman, Kamis (19/9/2024). dok - DPAD DIY

Advertisement

SLEMAN—Menciptakan generasi yang hebat kerap dikaitkan dengan anak yang sehat untuk menyongsong masa depan. Tak hanya secara fisik, pendampingan kesehatan anak secara mental dinilai menjadi aspek penting untuk mewujudkan anak yang hebat.

Topik anak sehat ini diulas bersama-sama dalam agenda bedah buku yang diinisiasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama DPRD DIY di Sopalan, Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Sleman, Kamis (19/9/2024).

Advertisement

Anggota DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai, mengatakan melalui bedah buku, dia ingin minat baca masyarakat dapat meningkat dan tingkat kegemaran membaca DIY yang menempati posisi tertinggi di Indonesia dapat dipertahankan. "Sehingga banyak masyarakat lebih mengetahuinya [baca dan literasi]," kata Anton.

Di Sopalan, Maguwoharjo, warga diajak membedah buku berjudul Anak Sehat Anak Hebat, Membentuk Masa Depan Cerah. Menurut anton, di era digital, anak-anak tidak hanya perlu didorong agar sehat secara fisik namun juga sehat secara mental. "Jadi kami ingin memopulerkan budaya membaca buku supaya pengetahuan masyarakat semakin luas," katanya.

BACA JUGA: BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

Apalagi, anak-anak nantinya bakal menjadi generasi penerus bangsa. Karena itu, sangat penting menciptakan anak yang sehat dan cerdas secara intelektual.

Anton mencontohkan bagaimana munculnya kasus stunting atau kekerdilan pada anak yang dipicu dari persoalan gizi yang buruk. Untuk membangun anak sehat dan anak hebat membutuhkan gizi serta mental yang bagus. "Tidak hanya dari anak dan keluarga, tapi kami menyosialisasikan kepada lingkungan. Kalau lingkungannya baik, otomatis anak-anak di wilayah tersebut juga baik. Artinya, ini menjadi tugas bersama," katanya.

Pustakawan Ahli Utama DPAD DIY, Budiyono, menambahkan kegiatan bedah buku yang digelar merupakan upaya pemerintah dalam rangka mencerdaskan masyarakat.

Dengan meningkatnya kecerdasan masyarakat, diharapkan ada peningkatan kompetensi yang pada ujungnya mampu menciptakan kesejahteraan masyarakat. Tema buku yang dibedah bersama masyarakat juga aktual. Seperti tema Anak Sehat Anak Hebat Membantu Masa Depan Cerah yang dibahas di Sopalan, Maguwoharjo.

Menurut Budiyono, sebelum sampai pada anak sehat dan anak hebat, perlu didahului dengan nutrisi yang cukup. "Kalau anak sehat, maka harapannya ke depan juga selalu sehat, termasuk tertular juga kepada masing-masing keluarga dalam memberikan nutrisi kepada anggota keluarganya. Jadi, tidak hanya banyak makanan, tetapi yang penting adalah nutrisi yang sehat dan tercukupi," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkeu Terbitkan PMK Perpanjangan Insentif Pajak Pembelian Rumah

News
| Jum'at, 20 September 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement