Advertisement

Pemkot Jogja Siapkan Posko Desk Pilkada, Ini Fungsinya

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 21 September 2024 - 21:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemkot Jogja Siapkan Posko Desk Pilkada, Ini Fungsinya Posko desk Pilkada yang ada di Balai Kota Jogja / Dokumentasi Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menyiapkan Posko Desk Pilkada 2024 di lingkungan Balai Kota. Posko ini berfungsi untuk memantau, menginventarisasi dan mengantisipasi serta memberikan solusi permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan Pilkada.

Kabag Tata Pemerintahan Pemkot Jogja Subarjilan menuturkan Posko Desk Pilkada dibentuk didasarkan pada Permendagri No.9/2005 tentang pedoman bagi pemerintah daerah dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Advertisement

BACA JUGA: Bawaslu Jogja Luncurkan Peta Kerawanan Pilkada, Simpang Jlagran dan Ngabean Rawan Gesekan

“Posko Desk Pilkada merupakan kebijakan untuk memudahkan koordinasi Tim Desk Pilkada sesuai Permendagri nomor 9 tahun 2005,” ujar Subarjilan, Sabtu (21/9/2024).

Dia menuturkan, tim Posko Desk Pilkada terdiri dari perwakilan semua perangkat daerah Pemkot Jogja. Ada juga instansi lain di luar Pemkot seperti Kepolisian, Kodim dan Kejaksaan. "Semua perangkat daerah Pemkot Jogja juga dilibatkan. Jika terjadi sesuatu, maka dimungkinkan bisa diselesaikan sesuai ketugasan masing-masing perangkat daerah," katanya.

Tugas Posko Desk Pilkada ini, lanjutnya, berbeda dengan ketugasan Bawaslu. Posko tersebut tidak menerima pelaporan permasalahan dari masyarakat, tapi dari internal tim desk Pilkada misalnya dari masing-masing Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Ini berbeda dengan Bawaslu yang justru mengawasi potensi pelanggaran Pilkada. Permasalahan itu belum tentu pelanggaran. Kalau bisa kita inventarisasi, kita antisipasi, sehingga tidak menjadi permasalahan yang benar-benar menghambat pelaksanaan Pilkada,” imbuhnya.

Posko desk Pilkada ini terletak di dalam lingkungan Balai Kota Jogja. Rencananya, posko desk Pilkada ini akan mulai beroperasi dua hari sebelum kampanye berlangsung. “Rencana akan kita operasionalkan dua hari menjelang kampanye. Tempatnya sudah siap. Operasional (posko desk Pilkada) setiap hari kerja untuk  pemantauan dan koordinasi,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Koruptor Ajukan PK, Hakim Diingatkan Tidak Meringankan Hukuman Maming

News
| Sabtu, 21 September 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement