Advertisement

Ratusan Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Lulus dengan Predikat Cumlaude

Media Digital
Sabtu, 21 September 2024 - 17:47 WIB
Maya Herawati
Ratusan Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Lulus dengan Predikat Cumlaude Suasana pelaksanaan wisuda acara Wisuda Periode I Tahun Akademik (TA) 2024/2025 di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (21/9/2023). Foto Istimewa - Humas UPN Veteran Yogyakarta

Advertisement

SLEMAN—Sebanyak 1.023 mahasiwa mengikuti acara Wisuda Periode I Tahun Akademik (TA) 2024/2025 di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (21/9/2023). Total wisudawan terdiri dari satu wisudawan Doktor (S3), 42 wisudawan Magister (S2), 948 wisudawan Sarjana (S1), dan 32 wisudawan Diploma (D3).

wisuda kali ini mencatatkan prestasi tersendiri. Hal ini dikarenakan ada lebih dari separuh wisudawan meraih predikat Lulus Dengan Pujian (Cum Laude), yakni sebanyak 536 peserta atau persentasenya mencapai 52,40%. Selanjutnya, mahasiswa yang meraih predikat Sangat Memuaskan sebanyak 455 wisudawan dan predikat Memuaskan sebanyak 32 wisudawan.

Advertisement

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Mohamad Irhas Effendi mengatakan, lulusan UPN telah dipersiapkan untuk menjadi tenaga ahli yang profesional di bidang masing-masing. “Dunia kerja saat ini adalah dunia kerja digital. Jadi, sangat penting untuk memperkuat literasi digital,” katanya, Sabtu pagi.

Dia menjelaskan, penguatan literasi digital terdiri dari empat pilar, yakn digital skill, digital culture, digital etic, dan digital safety.

Para lulusan juga wajib mempunyai kemampuan bekerja sama dan berkoordinasi secara tim, serta jeli melihat potensi diri di luar kompetensi utamanya.

“Dunia kerja tidak lagi bersifat linear, melainkan lebih bersifat divergent. Ringkasnya, Saudara perlu mempunyai kemampuan tambahan di samping kemampuan utama untuk bisa menjadi yang terbaik,” katanya.

BACA JUGA: Makan Sayur Hijau Tidak Bikin Asam Urat

Sebagai alumni UPN Veteran Yogyakarta, Irhas mengingatkan agar terus menanamkan pada dirinya rasa cinta kepada Tanah Air serta menjadi warga negara yang baik dan benar. 

“Saudara secara resmi menyandang gelar baru yang disematkan pada nama Saudara. Tetapi ingat, setinggi apa pun gelar yang miliki, jangan lupa berterimakasih kepada Yang Maha Kuasa dan orang-orang yang mendukung pencapaian tersebut, baik itu saudara, teman, dan terutama orang tua Saudara,” ungkapnya.

Pada wisuda kali ini, ada sebanyak 22 wisudawan berhasil meraih penghargaan Karya Cendekia UPN Veteran Yogyakarta. Lulusan terbaik peraih peringkat pertama penghargaan Karya Cendikia dalam wisuda kali ini, adalah Wahyu Putranto. Mahasiswa Teknik Pertambangan ini, meraih IPK 3,58 dengan masa studi 3 tahun 10 bulan.

“Saya bersyukur sekaligus merasa bangga atas pencapaian ini,” kata Wahyu.

Ia mengaku bahwa meraih predikat Karya Cendekia bukan perkara mudah lantaran harus melalui berbagai tantangan, terutama menyeimbangkan antara studi, mengikuti kompetisi, aktif berorganisasi, dan juga kehidupan pribadi. “Saya belajar dari kegagalan terdahulu, kemudian saya evaluasi dan mencari solusinya sehingga bisa menjadi yang terbaik,” katanya.

Selain menjadi yang terbaik, Wahyu dan tim berhasil meraih 1st Winner Mine Rescue Competition dan 1st Winner Crushing and Grinding dalam International Sriwijaya Mining Games 2023.

Tak hanya itu, ia juga menyabet predikat 1st Winner of Joint Measuring dan 1st Winner of Panning dalam Kalimantan Student Mining Competition 7 2023.

“Semua capaian yang diraih tidak lepas dari dukungan kedua orangtua serta iklim pembelajaran di UPN Veteran Yogyakarta, khususnya Jurusan Pertambangan yang sangat mendukung dan mendorong mahasiswa untuk berprestasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bawa Pulang 260 Medali, Nana Sudjana Sambut Hangat Kedatangan Kontingen Jateng

News
| Sabtu, 21 September 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement