Advertisement

Kereta Api Taksaka Tertemper Truk Molen di Sedayu, Sopir Diamankan dan Diproses Hukum

Alfi Annisa Karin
Rabu, 25 September 2024 - 09:42 WIB
Sunartono
Kereta Api Taksaka Tertemper Truk Molen di Sedayu, Sopir Diamankan dan Diproses Hukum Kereta Api Taksaka relasi Stasiun Gambir - Yogyakarta tertemper truk molen di perlintasan sebidang kawasan Sedayu. Tepatnya pada JPL 714, KM 531000 jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Rewulu. Peristiwa ini terjadi Rabu (25/9/2024) pukul 03.52 WIB. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kereta Api Taksaka relasi Stasiun Gambir - Yogyakarta tertemper truk molen di perlintasan sebidang kawasan Sedayu. Tepatnya pada JPL 714, KM 531+000 jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Rewulu. Peristiwa ini terjadi Rabu (25/9/2024) pukul 03.52 WIB.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Krisbiyantoro menjelaskan kejadian bermula ketika sopir truk tidak mengindahkan sirene atau isyarat kereta api. Akibatnya, truk terjebak dan terjadi temperan. Dalam penanganannya Daop 6 melakukan tindakan cepat untuk memastikan kondisi penumpang

Advertisement

"Dan melakukan evakuasi rangkaian ke stasiun terdekat agar dampak keterlambatan kereta Taksaka dan kereta lainnya dapat diperkecil dengan memastikan keselamatan terlebih dahulu," ujar Krisbiyantoro, Rabu (25/9/2024).

Dia menambahkan, kecelakaan ini mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta api. Selain itu terjadi kerusakan pada sarana dan pra-sarana kereta api. Kerusakan diantaranya terjadi pada Lokomotif, 1 kereta Eksekutif, dan gardu PJL. Awak Sarana Perkeretaapian pun turut mengalai mengalami cidera. Krisbiyantoro memastikan tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Saat ini sopir telah diamankan oleh Polsek Sedayu, KAI akan melanjutkan ke proses hukum.

Dia mengaku menyesalkan peristiwa ini. Sebab, belum lama ini pihaknya melakukan penindakan pelanggaran di perlintasan sebidang. Bahkan ini dilakukan serempak oleh jajaran kepolisian di Jawa dan Sumatera bersama KAI dan stakeholders terkait.

"Ini mestinya bisa membuat para pengguna jalan lebih tertib dalam berlalu lintas," imbuhnya.

Kejadian ini turut berimbas pada beberapa perjalanan kereta api lainnya. Berikut adalah perjalanan kereta api yang terlambat akibat tertempernya Kereta Api Taksaka relasi Stasiun Gambir - Yogyakarta :

- KA 90 Mataram
andil 15 menit

- KA 104 Singasari
andil 24 menit

- Plb 136a (Bogowonto)
andil 27 menit

- KA 581 (KA bandara ke YIA)
andil 24 menit

- plb 564a (KA bandara ke Yogyakarta)
andil 41 menit

- plb 701a (KA bandara ke YIA)
andil 16 menit

- KA 70 Taksaka setelah evakuasi melanjutkan perjalanan ke stasiun akhir Yogyakarta, mengalami kelambatan 192 menit.

Krisbiyantoro mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu menaati aturan di perlintasan sebidang. Ketika sirine berbunyi dan palang pintu mulai menutup, pengguna jalan sudah harus berhenti.

"Selain mematuhi rambu-rambu, kami juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat akan menyeberangi perlintasan sebidang jalan raya dengan jalur kereta api. Ingat, untuk berhenti sejenak, tengok kiri dan kanan, aman silakan jalan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewan Pengawas, Jubir Pastikan Akan Ada Tindak Lanjut

News
| Sabtu, 28 September 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement