Advertisement

BEDAH BUKU: Cegah Stunting, DPAD DIY Bekali Warga dengan Pengetahuan tentang Gizi

Media Digital
Rabu, 25 September 2024 - 22:57 WIB
Arief Junianto
BEDAH BUKU: Cegah Stunting, DPAD DIY Bekali Warga dengan Pengetahuan tentang Gizi Agenda bedah buku berjudul Nutrisi Penting Cegah Stunting yang digelar DPAD DIY di Joglo Pawirosumarto Jl. Godean Km 7.5, Kalurahan Sidomoyo, Kapanewon Godean, Sleman, Rabu (25/9/2024). - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Upaya pencegahan stunting terus dilakukan oleh sejumlah instansi di DIY sesuai ketugasannya. Sebagai jawatan yang punya ketugasan meningkatkan literasi masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menggelar bedah buku yang membahas soal stunting.

Selain untuk mendongkrak minat baca masyarakat, agenda ini bisa menambah pengetahuan masyarakat perihal pencegahan stunting.

Advertisement

Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan DPAD DIY, Muhamad Rosyid Budiman, mengungkapkan sesuai tugas yang dimiliki, DPAD DIY berupaya meningkatkan literasi masyarakat, salah satunya melalui bedah buku.

Digelar di 222 titik pada 2024, bedah buku DPAD DIY mengulas beragam tema sesuai potensi dan latar belakang masyarakat. "Kegiatan ini temanya disesuaikan dengan permintaan dan potensi wilayah. Misalnya desa punya potensi apa, maka itu [potensi] yang kami angkat sebagai tema," kata Rosyid dalam agenda bedah buku berjudul Nutrisi Penting Cegah Stunting yang digelar di Joglo Pawirosumarto Jl. Godean Km 7.5, Kalurahan Sidomoyo, Kapanewon Godean, Sleman, Rabu (25/9/2024).

Tema ini erat kaitannya dengan pembangunan SDM di Kalurahan Sidomoyo. DPAD DIY punya ketugasan untuk meliterasi masyarakat perihal tema tersebut. Seusai mendapat literasi, instansi terkait bisa memperdalam atau melanjutkan tema yang dibedah.

Misalnya jika tema yang dibedah tentang stunting, maka Dinas Kesehatan atau Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Sleman bisa meneruskan topik ini dengan program lanjutan.

Langkah serupa juga akan diterapkan pada tema lain seperti pariwisata, UMKM dan topik lainnya. Dengan agenda bedah buku yang diselenggarakan DPAD DIY, masyarakat bisa paham atau mempunyai gambaran awal terkait dengan tema yang dibahas. "Pemda DIY mengharapkan adanya kerja sama antar-OPD, jadi tidak berjalan sendiri, dan dilakukan secara simultan," katanya.

Anggota DPRD DIY, Sofyan Setyo Darmawan, menambahkan buku yang dibedah menyimpan banyak manfaat, seperti soal pencegahan stunting. Sofyan mengatakan isu stunting menjadi permasalahan nasional. "Stunting jadi masalah nasional, ada 21 persen angka stunting di Indonesia saat ini. Di DIY angka stunting sekitar 10,6 persen. Untuk itu, stunting harus dicegah sedini mungkin supaya angka kasusnya tidak terus bertambah," katanya.

Edukasi kepada masyarakat, menurut Sofyan, menjadi salah satu aspek penting untuk menekan angka stunting. Pengetahuan nutrisi untuk pencegahan stunting harus diketahui oleh anggota keluarga. "Masyarakat harus paham nutrisi apa yang harus dijadikan asupan sejak bayi masih di dalam kandungan. Pengetahuan atau ilmu tentang gizi harus diketahui oleh masyarakat agar semua paham jika makanan yang sehat dan bergizi itu tidak harus mahal," katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo: Kesejahteraan Rakyat Saat Ini Didahulukan Daripada Kekuatan Pertahanan Negara

News
| Kamis, 26 September 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement