Advertisement

3 Paslon Pilkada Bantul Pilih Bergerilya di Awal Masa Kampanye, Ini Alasannya

Jumali
Kamis, 26 September 2024 - 12:27 WIB
Sunartono
3 Paslon Pilkada Bantul Pilih Bergerilya di Awal Masa Kampanye, Ini Alasannya Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ketiga paslon peserta Pilkada Bantul 2024 menyatakan pada hari pertama pelaksanaan kampanye telah turun ke masyarakat. Mereka memilih menggunakan metode tatap muka dan dialog ke masyarakat, meskipun ada beberapa tim kampanye dari pemenangan paslon belum terbentuk dan melaporkan ke KPU Bantul. 

Calon bupati Bantul Joko Purnomo dari pasangan nomor urut 3, Joko Budi Purnomo-Rony Wijaya Indra Gunawan, mengatakan tim kampanye dari paslon tersebut telah dilaporkan ke KPU Bantul, beberapa waktu lalu. Selain itu, pada hari pertama pelaksanaan kampanye, yakni Rabu (25/9/2023), tim kampanye dan paslon telah turun ke masyarakat.

Advertisement

BACA JUGA : Bawaslu Kota Jogja Sebut Uang Transport dan Hadiah dalam Pilkada Masuk dalam Politik Uang

"Kemarin, kami sudah mulai turun. Hanya saja kami optimalkan dalam bentuk kampanye tatap muka. Kami juga berterimakasih kepada masyarakat yang juga ikut mengkampanyekan kami dan tujuh program unggulan kami di media sosial. Kami juga sudah mulai mengoptimalkan kampanye di media sosial," kata Joko, Kamis (26/9/2024).

Calon wakil bupati Bantul Aris Suharyanta dari pasangan nomor urut 2, Abdul Halim Muslih-Aris Suharyanta mengatakan, meski saat ini dirinya belum dijadwalkan oleh tim pemenangan, namun dirinya dan Abdul Halim Muslih sudah turun ke masyarakat. Aris memilih mendatangi masyarakat di tingkat RT dan melakukan kampanye tatap muka dan dialogis.

"Saya sudah turun bersama dengan teman-teman relawan. Jadi saya turun sendiri, pak Halim juga turun sendiri, sembari nanti penjadwalan dari tim pemenangan. Tim pemenangan dari koalisi juga sudah mulai turun," kata Aris.

Selain itu, Aris mengaku pihaknya juga terus mengoptimalkan media sosial  untuk media kampanye. Sudah ada tim yang diefektifkan untuk menarik dan menyampaikan visi misi dari pasangan Abdul Halim Muslih-Aris Suharyanta. "Kami optimalkan medsos juga," ucap Aris.

Calon wakil bupati Bantul Wahyudi Anggoro Hadi dari pasangan calon nomor urut 1, Untoro Hariadi-Wahyudi Anggoro Hadi mengungkapkan tim pemenangan telah terbentuk dan telah melaporkan setiap kegiatan kampanye yang dilakukan pasangan tersebut.

Untuk sementara, Wahyudi mengungkapkan, pihaknya turun langsung ke masyarkat di tingkat RT dengan melakukan kampanye tatap muka dan dialogis. Ada pembagian lokasi antara Wahyudi dan Untoro demi mengefektifkan kampanye.

"Hari ini saya ada empat titik, pak Untoro juga empat titik. Kami optimalkan juga    penggunaan medsos, karena kami sadar banyak pemilih yang sudah melek dengan media sosial dan rata-rata mereka berusia muda," ucapnya.

BACA JUGA : Digelar Malam Hari, Ini Hasil Undian Nomor Urut Pilkada Jogja 2024

Ketua Bawaslu Bantul Didik Joko Nugroho mengakui jika, pada hari pertama pelaksanaan kampanye belum semua tim pemenangan paslon memberikan pemberitahuan pelaksanaan kampanye. 

"Jadi belum semua. Mereka yang memberitahukan memilih untuk melakukan kampanye dalam bentuk tatap muka dan dialogis," kata Didik.

Menurut Didik, alasan para tim pemenangan paslon belum memberikan pemberitahuan pelaksanaan kampanye karena mereka sedang disibukkan dengan melengkapi tim kampanye sampai tingkat kapanewon. Selain itu mereka masih melakukan penjadwalan dan menunggu pengajuan jadwal dari masing-masing tim kampanye dari masing-masing paslon.

"Kalau kemarin ya, kami mengawasi yang sudah memberikan pemberitahuan dan kami melakukan pengawasan untuk media sosial mereka. Untuk hari ini kami juga masih menunggu pemberitahuan dari tim kampanye masing-masing paslon," ucap Didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pendidikan Politik Seharusnya Jadi Tanggung Jawab Seluruh Elemen Masyarakat

News
| Jum'at, 27 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement