Advertisement

PPK Ormawa SAFEL UNY Bekali Warga Desa Wisata Donokerto dengan Bahasa Inggris

Media Digital
Kamis, 26 September 2024 - 18:27 WIB
Maya Herawati
PPK Ormawa SAFEL UNY Bekali Warga Desa Wisata Donokerto dengan Bahasa Inggris Tim Pelaksana Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) SAFEL UNY menggelar program pembekalan Bahasa Inggris kepada warga Desa Wisata Donokerto, Turi, Sleman.

Advertisement

SLEMAN—Tim Pelaksana Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) SAFEL UNY menggelar program pembekalan Bahasa Inggris kepada warga Desa Wisata Donokerto, Turi, Sleman.

Hal ini dilakukan karena selama ini DIY dianggap sebagai daerah wisata terkenal yang kemudian dianggap semua warga bisa Bahasa Inggris.  

Advertisement

Sampai pada akhirnya, saat mencari permasalahan dan potensi di Desa Donokerto Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY menemukan ironi.

Beruntungnya bagi Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY sebagai Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY, saat penyusunan proposal, permasalahan tersebut sejalur dengan aliran Ormawa Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY yaitu bahasa dan budaya asing.

Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY memiliki kapabilitas dan kapasitas yang dapat tersalurkan dengan maksimal di bidang tersebut dengan bantuan oleh Dosen Pendamping, PT, dan mitra Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY.

Desa Donokerto memiliki empat desa wisata aktif yaitu Desa Wisata Gabugan, Wisata Dusun Turi, Desa Wisata Pules dan Desa Wisata Kembangarum.

Uniknya, semua Desa Wisata yang aktif dan menjadi kebanggaan Donokerto tersebut memiliki permasalahan yang sama yaitu Bahasa Inggris.

Berangkat dari permasalahan di Donokerto dan kapabilitas tim Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY, Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY mencanangkan pengabdian dengan bentuk kelas English for Tourism.

Ide tersebut tersalurkan dalam 2 kelas yaitu Tourism Corner dan Professional Corner yang sudah aktif berjalan sejak bulan Juli 2024 di Desa Wisata Gabugan dengan peserta dari 4 Desa Wisata aktif di Donokerto.

Pertemuan pertama Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY mulai dengan pembagian kuesioner pre-test untuk mengukur kemampuan awal para peserta.

BACA JUGA: Alokasi Gaji PPPK Menyusut di 2025, Ini Sebabnya

Walaupun Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY terkejut dengan hasil pre-test tersebut, Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY senang saat mengetahui para peserta yang kebanyakan adalah para lelaki dan karya wisata ternyata sangat semangat mengikuti kelas Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY.

Karena rasa semangat para Bapak-Bapak tersebut, Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY susun modul ajar yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka yaitu pariwisata dengan rasa penuh semangat.

Dengan dukungan Dosen Pendamping yaitu Ibu Nila Kurnia Sari, S.Pd., M.Pd., Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY sangat disemangati untuk memberi materi yang sesuai dan dilatih untuk mengajar sesuai dengan kelompok sasaran.

Tidak luput juga kasih sayang dari Ormawa Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY yaitu SAFEL Student Activity Forum of Foreign Languages yang memfasilitasi Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY dengan menyediakan tempat berlatih mengajar dan dukungan moral bagi para pengajar.

Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY pun sangat merasakan usaha dari Tim Kemahasiswaan UNY yang senantiasa memberi Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY pengarahan bagaimana pelaksanaan program Tim Pelaksana PPK Ormawa SAFEL UNY dapat terlaksana secara tertib dan maksimal melalui berbagai intervensinya. Program ini difasilitasi Belmawa Dikti. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

15 Orang Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Lokasi Tambang Solok, 25 Masih dalam Pencarian

News
| Jum'at, 27 September 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement