Advertisement

Maba UMY Menyatakan Sikap Dukung Kemerdekaan Palestina

Newswire
Minggu, 29 September 2024 - 13:07 WIB
Sunartono
Maba UMY Menyatakan Sikap Dukung Kemerdekaan Palestina Sebanyak 5.377 mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyatakan sikap membela kemerdekaan Palestina. Pernyataan sikap itu disampaikan dalam Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI) di gedung Sportorium UMY Kamis (26/9/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 5.377 mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyatakan sikap membela kemerdekaan Palestina. Pernyataan sikap itu disampaikan dalam Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI) di gedung Sportorium UMY Kamis (26/9/2024).

Pernyataan sikap dibacakan oleh Nurin Ardhillah Ulfa, mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sekaligus didampingi oleh Rektor UMY, Profesor Gunawan Budiyanto dan Ustad Bachtiar Nasir yang menjadi keynote speaker dalam OSDI Maba UMY 2024 ini. Beberapa poin yang menjadi sikap utama dari seluruh mahasiswa baru UMY adalah komitmen atas dukungan penuh terhadap Palestina yang diupayakan melalui beragam cara, termasuk galang dana, aksi sosial maupun advokasi.

Advertisement

“Kami sebagai mahasiswa baru UMY berharap agar seluruh rakyat Palestina diberikan kekuatan dan ketabahan, serta segera mendapatkan kemerdekaan yang hakiki. Semoga setiap usaha dari kami dan seluruh pihak yang mengupayakan kemerdekaan Palestina mendapatkan berkah dari Allah SWT,” ujar Nurin saat membacakan pernyataannya.

Kepala Lembaga Pengamalan dan Pengkajian Islam (LPPI) UMY, Muhammad Khaeruddin Hamsin menambahkan isu pembelaan terhadap Palestina menjadi konsep awal pelaksanaan OSDI UMY 2024. Hal ini berfungsi sebagai orientasi awal bagi seluruh mahasiswa baru. Tujuannya untuk menggugah sekaligus mengingatkan generasi muda bahwa setinggi apapun ilmu yang diraih akan percuma jika tidak dibarengi dengan empati yang tinggi.

“Ini merupakan inisiasi langsung dari para mahasiswa yang kami bantu fasilitasi. Isu keadilan dan penghapusan segala bentuk kekerasan termasuk penjajahan adalah nilai yang ingin kami tanamkan ke seluruh mahasiswa baru UMY. Nilai inilah yang kami harapkan dapat terus mereka bawa hingga ke depan saat mereka sudah menjadi pemimpin bangsa ini,” katanya.

Isi Pernyataan Sikap:

1. Kami peduli terhadap penderitaan dan kesengsaraan yang dialami oleh saudara-saudara kami di Palestina
2. Kami berdiri teguh bersama Palestina dalam perjuangan mereka untuk meraih kemerdekaan dan keadilan
3. Kami mendukung penuh segala upaya damai dan konstitusional yang dilakukan untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina
4. Kami menolak segala bentuk kekerasan dan agresi yang dilakukan terhadap rakyat Palestina
5. Kami berkomitmen untuk terus menggalang dukungan, baik melalui aksi sosial, pendidikan, maupun advokasi, demi tercapainya keadilan bagi seluruh rakyat Palestina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Momen Haru Pertemuan Orang Tua dengan Pendaki Asal Semarang Naomi yang Hilang 3 Hari di Gunung Slamet

News
| Selasa, 08 Oktober 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement