Advertisement

Jadi Event Andalan, WJNC Masuk Top 10 Karisma Event Nusantara

Media Digital
Senin, 07 Oktober 2024 - 05:27 WIB
Arief Junianto
Jadi Event Andalan, WJNC Masuk Top 10 Karisma Event Nusantara Gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 8 pada 7 Oktober 2023. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Sebagai Kota Wisata, Kota Jogja tak hanya menawarkan berbagai destinasi pariwisata saja. Kota Jogja juga rutin menghadirkan berbagai gelaran event yang bahkan kondang hingga tingkat nasional. Salah satunya adalah gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC).

WJNC merupakan kegiatan puncak acara perayaan Hari Ulang Tahun Kota Jogja. Kegiatan ini rutin dilaksanakan pada 7 Oktober setiap tahunnya.

Advertisement

Tahun ini merupakan penyelenggaraan WJNC ke-9 dan mengangkat tema Gatotkaca Wirajaya. Ini adalah cerita kumpulan tentang perjuangan Gatotkaca sebagai seorang pemimpin, pahlawan, pemberani dan penegak kebenaran.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Jogja, Muhammad Zandaru, menjelaskan konsep yang diusung pada WJNC #9 adalah karnaval jalanan dengan menampilkan seni koreografi, busana, musik kontemporer dan permainan lighting.

Peserta diambil dari perwakilan 14 kemantren se-Kota Jogja. Seluruhnya membawakan tema-tema dari cerita pewayangan. Pada perkembangannya, konsep karnaval berkembang menjadi street art. Tentunya tidak meninggalkan unsur utama dari WJNC yaitu Tugu Jogja, kendaraan hias, wayang, dan diadakan pada malam hari.

WJNC berhasil masuk dalam TOP 110 Karisma Event Nusantara selama tiga tahun berturut-turut yaitu pada 2021, 2022 dan 2023. “Pada 2024 berhasil masuk dalam TOP 10 Karisma Event Nusantara,” ujar Zandaru.

Karisma Event Nusantara merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf dengan daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas. Tujuannya untuk mempromosikan destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif, meningkatkan kunjungan wisatawan, melakukan pemberdayaan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan.

Ada beberapa aspek penilaian yang menjadi bahan pertimbangan, di antaranya penilaian terkait ide dan inovasi, pemasaran dan strategi komunikasi, manajemen kegiatan, manajemen keuangan, hingga analisis dampak.

Zandaru mengatakan, WJNC 2023 disaksikan oleh 40.000 orang secara langsung di kawasan Tugu Jogja. Sementara, ada 30.000 penonton lainnya yang menyaksikan melalui kanal Youtube milik resmi milik Dinas Pariwisata Kota Jogja maupun media partner.

WJNC 2023 juga berhasil memutar roda perekonomian di Kota Jogja. Bahkan perputaran uang di Kota Jogja pada satu hari sebelum hingga satu hari setelah gelaran WJNC 2023 mencapai lebih dari Rp92 miliar. “Ini dihitung dengan menganalisis berbagai indikator perputaran uang pada seniman, event production, food and baverage, suvenir, akomodasi dan paket menonton WJNC #8, transportasi, media promosi dan UMKM,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Israel Targetkan Serangan Udara di Lebanon Selatan

News
| Senin, 07 Oktober 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement