Advertisement

Rapat Paripurna Pengusulan Digelar Besok, Ini Calon Susunan Pimpinan DRPD Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 08 Oktober 2024 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Rapat Paripurna Pengusulan Digelar Besok, Ini Calon Susunan Pimpinan DRPD Gunungkidul Lalu lintas di depan Gedung DPRD Gunungkidul, Senin (23/10/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul bakal menggelar rapat paripurna pengusulan pimpinan Dewan pada Rabu (9/10/2024) besok.

Sekretaris DPRD Gunungkidul, Purwono Sulistyohadi mengatakan bahwa per Selasa (8/10/2024), pihaknya telah menerima surat rekomendasi ketua Dewan dari DPC PDIP. “Besok ada rapat internal Dewan untuk rapat paripurna dalam rangka pengusulan pimpinan Dewan definitif,” kata Purwono dihubungi, Selasa.

Advertisement

Selain pengusulan pimpinan definitif, rapat paripurna akan membahas perubahan ketua fraksi PDIP dari yang sebelumnya dijabat Endang Sri Sumiryatini berganti ke Agus Joko Kriswanto.

Usulan yang akan diajukan untuk Ketua DPRD Gunungkidul adalah untuk Endang Sri Sumiryatini (PDIP), lalu Wakil Ketua I, yaitu Wulan Tustiana (Nasdem); Wakil Ketua II Suwignyo (PKB); dan Wakil Ketua III adalah Heri Nugroho (Golkar).

Setelah rapat paripurna, Setwan akan langsung mengirim hasil rapat ke Bagian Pemerintahan Sekda Gunungkidul agar mendapat tanda tangan Plt Bupati Gunungkidul. Setelahnya, Pemkab akan meneruskan hasil tersebut ke Gubernur DIY.

BACA JUGA: Peroleh Rekomendasi Penetapan Ketua DPRD Gunungkidul dari DPP PDIP, Begini Respons Endang Sri Sumiyartini

Endang Sri Sumiryatini mengatakan penyusunan alat kelengkapan (alkap) DPRD baru mencakup susunan fraksi. Selain pergantian ketua fraksi PDIP, fraksi Nasdem juga mengalami perubahan ketua.

“Kemarin baru fraksi kami hitung dengan proporsional. Sekarang kami masih merumuskan penyusunan Alkap agar tidak ada masalah, soalnya tupoksi Dewan harus segera dilakukan,” kata Endang.

Endang menambahkan Rancangan APBD (RAPBD) 2025 perlu segera dibahas. Di samping RAPBD 2024, masih ada tiga program pembentukan peraturan daerah yang perlu dirampungkan. Dia menarget tiga propemperda tersebut selesai di sisa tahun 2024.

Lebih jauh, dia menegaskan kepemimpinan selama lima tahun ke depan bersama anggota DPRD lain perlu dijalankan secara optimal dengan melandaskan perpektif keberpihakan terhadap masyarakat. “Hal paling penting itu Dewan bisa jadi panutan dan panuntun untuk pembangunan Gunungkidul lebih baik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kisah Heroik 2 Lansia Cegat KA Dharmawangsa Ekspres Demi Hindarkan Kecelakaan, Kibarkan Kaus Merah

News
| Selasa, 08 Oktober 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement