Advertisement

Punya Peran Penting, Pemda DIY Mendukung Pariwisata Berkelanjutan di DIY

Yosef Leon
Rabu, 09 Oktober 2024 - 17:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Punya Peran Penting, Pemda DIY Mendukung Pariwisata Berkelanjutan di DIY Tugu Jogja. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY menyebut sektor perhotelan menjadi garda terdepan dalam sektor pariwisata dan memiliki peran penting dalam mewujudkan visi pariwisata. Sebagai salah satu destinasi pariwisata utama di Indonesia, Jogja memiliki peran penting dalam mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan.

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan, pariwisata bukan hanya tentang menarik wisatawan, tetapi juga tentang bagaimana menjaga keberlanjutan lingkungan dan budaya yang ada. Selain itu, penting pula untuk terus mempromosikan wisata budaya yang menghargai nilai-nilai luhur serta tradisi yang telah diwarisi.

Advertisement

BACA JUGA: Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

“Jogja merupakan salah satu destinasi pariwisata yang sering dikunjungi dan tentunya memiliki peran penting pula dalam mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan, Upaya ini tentunya tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah semata, tetapi juga membutuhkan peran dari berbagai pihak, terkhusus PHRI,” ujar Beny dalam Musda PHRI DIY, Rabu (9/10/2024). 

Beny juga menyampaikan beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan oleh pihak hotel dan restoran yaitu, turut serta menjaga kelestarian lingkungan melalui berbagai langkah, kemudian, seperti pengurangan penggunaan plastik, lalu pengelolaan sampah yang baik, serta yang terakhir penggunaan energi yang ramah lingkungan.

“Semua langkah ini penting dalam mewujudkan pariwisata hijau yang menjadi pilar keberlanjutan untuk generasi mendatang. Saya berharap Musda ini menjadi ajang yang produktif untuk merumuskan strategi-strategi yang konkret dan inovatif dalam mendukung pariwisata yang berkualitas, bertanggung jawab, dan berkelanjutan,” katanya.

BACA JUGA: Mengenal Jogja lewat Diorama

Sementara itu, ketua pelaksana Musda PHRI 2024 Aldy Fadhul Diyanto mengatakan, Musda PHRI DIY tahun 2024 ini merupakan pelaksanaan dari kedaulatan tertinggi di tingkat provinsi. Kesempatan ini digunakan sebagai konsolidasi untuk membangun dan mengoptimalkan fungsi dari PHRI sebagai wadah untuk hotel dan restoran di seluruh daerah DIY.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BPD PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono mengucapkan terima kasih atas dukungan dan sinergitas dari Pemda kepada PHRI terhadap masalah-masalah yang dihadapi pihaknya serta dukungan pemda untuk membangkitkan dan menggairahkan pariwasata di Jogja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bicara Soal Penundaan Pilkades, Begini Penjelasan Kemendagri

News
| Rabu, 09 Oktober 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement