Advertisement

Konstruksi Tol Jogja-Bawen Ruas Ambarawa-Bawen Tembus 34,09 Persen

Catur Dwi Janati
Jum'at, 11 Oktober 2024 - 12:37 WIB
Ujang Hasanudin
Konstruksi Tol Jogja-Bawen Ruas Ambarawa-Bawen Tembus 34,09 Persen Potret konstruksi Tol Jogja-Bawen. - Istimewa // PT JJB 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Pembangunan Tol Jogja-Bawen terus menunjukkan perkembangan yang masih di dua segmen. Progres konstruksi jalan tol penyambung wilayah Jawa Tengah dan DIY ini telah menunjukkan angka 67,06% di Seksi 1 Ruas Jogja-Simpang Susun (SS) Banyurejo dan 34,09% di Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen.

Direktur Utama PT JJB, A.J Dwi Winarsa mengatakan pekerjaan konstruksi terus digenjot pada lahan-lahan telah dibebaskan. Langkah ini diambil untuk mempercepat penyelesaian penggarapan jalan bebas hambatan.

Advertisement

Pengembang tol kini juga telah menyelesaikan pekerjaan erection girder di beberapa lokasi. Selain itu, pekerjaan timbunan tanah juga masif dilakukan di berbagai titik. 

Dwi melanjutkan bila fokus pembangunan proyek Jalan Tol Jogja-Bawen saat ini berupa konstruksi Seksi 1 Ruas Jogja-SS Banyurejo sepanjang 8,80 kilometer dan do Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen sepanjang 4,98 kilometer.

"Konstruksi di kedua seksi ini tengah menjadi prioritas utama dan ditargetkan selesai untuk Seksi 1 di Triwulan 2 tahun 2026 dan Seksi 6 di Triwulan 4 tahun 2025. Kedua seksi tersebut diharapkan dapat beroperasi sesuai dengan rencana," tegas Dwi pada Jumat (11/10/2024).

Pprogres konstruksi Seksi 1 Ruas Jogja-SS Banyurejo kini mencapai 67,06%. Di lain sisi progres konstruksi Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen kini telah menyentuh angka 34,09%.

Pada Seksi 6 Ambarawa-Bawen sejumlah pengerjaan konstruksi telah digarap di lapangan.  Beberapa konstruksi seperti penggarapan borpile hingga boks underpass juga terus dikerjakan.

BACA JUGA: Konstruksi Tol Jogja-Bawen Ruas Jogja-SS Banyurejo Sleman Capai 67,06 Persen

"Pekerjaan yang dilakukan di lapangan meliputi pengerjaan borpile jembatan dan pekerjaan box underpass Simpang Susun Ambarawa" ungkapnya.

Selain itu progres konstruksi Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen saat ini sedang dalam proses perizinan kepada instansi yang terdampak. Instansi-instansi tersebut berada di daerah Kabupaten Semarang.

Jalan Tol Jogja-Bawen mantinya akan membentang melintasi dua provinsi, Provinsi Jawa Tengah sepanjang 66,32 kilometer dan DIY sepanjang 8,80 kilometer. Secara umum proyek Tol Jogja-Bawen dibagi menjadi 6 seksi, meliputi Seksi 1 Jogja-Banyurejo 8,80 kilometer, Seksi 2 Banyurejo-Borobudur 15,20 kilometer, Seksi 3 Borobudur-Magelang 8,10 kilometer, Seksi 4 Magelang-Temanggung 16,65 kilometer, Seksi 5 Temanggung-Ambarawa 21,39 kilometer dan Seksi 6 Ambarawa-Bawen 4,98 kilometer. 

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Tol Jogja-Bawen berupaya mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur. Jika telah rampung dan beroperasi penuh, perjalanan antara Semarang dan Jogja dapat dilalui dengan waktu tempuh 1,5 jam dari yang semula tiga jam. Pembangunan tol ini tidak hanya akan memperlancar distribusi barang tetapi juga mendorong pengembangan industri dan pariwisata, serta meningkatkan konektivitas, terutama di wilayah selatan Pulau Jawa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Resmikan Rumah Sakit Hermina Nusantara di IKN

News
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Patung Gajah Mada Diletakkan di Dasar Laut untuk Tarik Minat Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement