Advertisement

Belasan Rumah di Gunungkidul Rusak Diterjang Hujan Angin

Andreas Yuda Pramono
Senin, 14 Oktober 2024 - 16:07 WIB
Ujang Hasanudin
Belasan Rumah di Gunungkidul Rusak Diterjang Hujan Angin Arsip-Salah satu rumah di Gunungkidul rata tanah akibat dihajar angin kencang pada Selasa (22/2/2022) - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul mencatat ada dua belas rumah di Kapanewon Semin mengalami kerusakan setelah diterjang hujan deras disertai angin kencang pada Minggu, (13/10/2024).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sumadi mengatakan kerusakan terjadi di Kalurahan Rejosari dan Candirejo. Kerusakan paling banyak terjadi di Candirejo dengan sebelas rumah.

Advertisement

Kerusakan tersebut berawal dari intensitas hujan sedang hingga deras disertai angin kencang. Kejadian ini juga membuat pohon tumbang dan menimpa rumah.

BACA JUGA: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca, Hujan Lebat Diperkirakan Terjadi di Gunungkidul dan Sleman Siang Ini

Rincian kerusakan itu, antara lain rumah di Dusun Karangpilang, Rejosari tertimpa pohon, masuk kategori ringan.

Lalu sisanya di Dusun Blembem, Candirejo, rumah-rumah mengalami pecah genteng sekitar 30 picis dan 14 picis asbes; bagian dapur rumah roboh; empat asbes pecah; enam rumah mengalami genteng pecah 30 – 50 lembar; dapur 4 X 6 roboh; dan teras tertimpa pohon.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga DIY mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 14:05 WIB Senin (14/10/2024).

Peringatan Dini Cuaca tersebut berpotensi terjadi di Kabupaten Gunungkidul meliputi Semin, Ngawen dan Kabupaten Sleman meliputi Prambanan, Kalasan, dan sekitarnya.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat meluas ke wilayah Kabupaten Bantul: Piyungan, Kabupaten Gunungkidul: Nglipar, Patuk, Karangmojo, Ponjong, Gedangsari, Kabupaten Sleman: Depok, Berbah, Ngemplak, dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pkl 16:05 WIB," demikian disampaikan BMKG Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tokoh Elite Parpol Diduga Calon Menteri Datangi Rumah Prabowo, Ini Dia Nama-namanya

News
| Senin, 14 Oktober 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement