Advertisement

Bawaslu Kuloprogo Rampungkan Pemetaan Kerawanan dalam Pilkada 2024

Newswire
Senin, 14 Oktober 2024 - 13:27 WIB
Maya Herawati
Bawaslu Kuloprogo Rampungkan Pemetaan Kerawanan dalam Pilkada 2024 Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulonprogo, merampungkan pemetaan potensi kerawanan Pilkada 2024 yang diharapkan menjadi acuan dalam pencegahan dan pengawasan dalam tahap kampanye hingga pencoblosan.

Ketua Bawaslu Kulon Progo Marwanto di Kulon Progo, mengatakan untuk efektivitas pencegahan berjalan efektif, Bawaslu Kulon Progo telah memetakan wilayah potensi rawan berdasarkan jenisnya.

Advertisement

Pemetaan kerawanan menggunakan empat dimensi, yakni dimensi sosial politik, dimensi partisipasi, dimensi penyelenggaraan dan dimensi kontestasi.

"Masing-masing dimensi itu, setiap kapanewon (kecamatan) di Kulon Progo memiliki karakter yang berbeda, dengan tingkat kerawanan rendah, sedang dan tinggi," kata Marwanto, Senin (14/10/2024).

Ia mengatakan kapanewon/kecamatan dengan tingkat kerawanan pilkada yang tinggi, yakni dimensi partisipasi ada di Wates dan Pengasih. Selanjutnya, kerawanan dimensi politik dan sosial di Temon, dan dimensi kontestasi di Wates dan Kalibawang. Kemudian, kerawanan di dimensi penyelenggaraan di Wates.

BACA JUGA: Stadion Sultan Agung Bantul Dilarang untuk Kampanye Pilkada, Ini Daftar 14 Lapangan yang Diizinkan KPU

Pemetaan kerawanan ini sifatnya statis, karena politik itu sifatnya dinamis. Selain itu, peta kerawanan disusun berdasarkan praktik Pemilu 2024 dan proses pilkada ini.

"Data kerawanan Pilkada 2024 di Kulon Progo bisa berubah di setiap dimensinya, misalnya komposisi pasangan calon di domisili saat ini. Yang awalnya tidak menjadi perhatian, seperti Kapanewon Panjatan karena ada calonnya, kami awasi," katanya.

Marwanto mengatakan dari tiga pasangan calon peserta Pilkada 2024, tiga calon dari Kapanewon/Kecamatan Panjatan. "Sehingga peta indeks kerawanan pemilu yang telah disusun berubah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Korupsi Pengadaan Truk Basarnas, Penyidik KPK Periksa 4 Saksi dari BPN dan Basarnas

News
| Senin, 14 Oktober 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement