Advertisement

Polres Kulonprogo Siagakan 980 Personel dalam Operasi Zebra Progo, Pakai Metode Hunting

Triyo Handoko
Senin, 14 Oktober 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Polres Kulonprogo Siagakan 980 Personel dalam Operasi Zebra Progo, Pakai Metode Hunting Suasana apel Operasi Zebra Progo oleh Polres Kulonprogo agar menciptakan ketaatan dan keselamatan masyarkat dalam berkendara, Senin (14/10/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Operasi Zebra Progo kembali digelar Polres Kulonprogo yang melibatkan 980 personel. Apel pembuka operasi ini dilakukan pada Senin (14/10/2024) yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kulonprogo, Wilson Bugner F. Pasaribu.

Wilson menjelaskan Operasi Zebra Progo berlangsung 14 hari sejak Senin ini sampai 27 Oktober mendatang. Tujuan giat ini adalah untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Advertisement

Kapolres Kulonprogo ini menerangkan pentingnya peran lalu lintas sebagai urat nadi kehidupan masyarakat yang mendukung produktivitas. "Lalu lintas merupakan kunci produktivitas masyarakat, peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, serta untuk mewujudkan keselamatan bersama," paparnya.

Pendekatan preemptif dan preventif, jelas Wilson, diprioritaskan dalam Operasi Zebra Progo ini. "Operasi juga akan didukung dengan pola penegakan hukum lalu lintas secara elektronik serta teguran simpatik," jelasnya.

BACA JUGA: Siapkan Surat Kendaraan! Mulai Besok Polres Bantul Gelar Operasi Zebra Progo

Sementara Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Priyo Tri Handoyo, menerangkan bahwa dalam Operasi Zebra Progo dilakukan penindakan secara selektif terhadap pelanggaran yang berpotensi membahayakan pengguna jalan. "Penindakan akan dilakukan dengan metode hunting di mana petugas akan mencari pelanggaran kasat mata yang berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal," kata dia.

Penindakan akan dilakukan, lanjut Priyo, apabila pelanggaran benar-benar membahayakan dan berakibat fatal bagi pengguna jalan. "Kami juga akan memberikan edukasi terkait dengan penggunaan knalpot dan pelat nomor kendaraan yang sesuai dengan spesifikasi standar, agar masyarakat lebih memahami pentingnya keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara," ujar dia.

Operasi Zebra Progo ini juga melibatkan berbagai pihak, yaitu Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kulonprogo. Polres Kulonprogo berharap dengan gelaran ini kesadaran dan ketaatan masyarakat dalam berkendara meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Calon Menteri Kabinet Prabowo Akan Jalan Pembekalan di Hambalang Besok

News
| Senin, 14 Oktober 2024, 20:02 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement