Advertisement

Prabowo-Gibran Dilantik 20 Oktober, Ini Pesan dan Harapan Sultan Jogja

Yosef Leon
Jum'at, 18 Oktober 2024 - 15:27 WIB
Ujang Hasanudin
Prabowo-Gibran Dilantik 20 Oktober, Ini Pesan dan Harapan Sultan Jogja Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis (27/6/2024). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta kepada Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang bekerja sesuai dengan konstitusi. 

Raja Kraton Yogyakarta itu mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran yang akan memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan setelah menang dalam perhelatan Pemilu 2024 lalu. 

Advertisement

"Kepala Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilantik saya ucapkan selamat. Harapannya melaksanakan tugas kewajibannya sesuai dengan konstitusi," katanya, Jumat (18/10/2024). 

Sultan menyebut dirinya masih belum tahu seperti apa jalannya pemerintahan Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran ke depannya. Hanya saja ia tetap mengingatkan agar tugas dilaksanakan dengan sebaik mungkin sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

"Saya belum tahu persis arahnya ke mana tapi yang pasti kan melaksanakan tugas sesuai ketentuan sebagai presiden panglima tertinggi," ujarnya. 

BACA JUGA: Daftar 11 Perempuan Calon Menteri Kabinet Prabowo, Berikut Profilnya

Sultan juga berharap agar di bawah pemerintahan Prabowo-Gibran konstitusi ditegakkan dengan sebaik-baiknya. Selain itu demokrasi dan pemerintahan serta aspek penegakan hukum bisa berjalan dengan konsisten. 

"Ya supaya konstitusi dijalankan secara baik, demokratisasi dan penegakan hukum yang konsisten," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Pergantian rezim dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo Subianto tinggal menghitung hari. Istana kepresidenan, DPR RI, hingga panggung pesta rakyat pun disiapkan untuk menyambut Prabowo-Gibran pada saat pelantikan 20 Oktober 2024.  

Sejumlah pekerja di lingkup Istana Kepresidenan disibukkan dengan berbagai persiapan menjelang perhelatan pisah sambut dari Jokowi ke Prabowo yang akan berlangsung pada Minggu (20/10/2024). Sejak Kamis pagi (17/10/2024), puluhan petugas konstruksi bangunan, kebersihan, hingga keamanan telah dikerahkan untuk memastikan area sekitar istana dalam kondisi terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas Dibunuh Israel

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement