Advertisement

Gelar Rakerwil dan Pelantikan Pengurus, Pagar Nusa DIY Siap Menjawab Tantangan Problem Sosial

Media Digital
Senin, 21 Oktober 2024 - 20:27 WIB
Sunartono
Gelar Rakerwil dan Pelantikan Pengurus, Pagar Nusa DIY Siap Menjawab Tantangan Problem Sosial Plt Ketua Pimpinan Wilayah Pagar Nusa DIY Muhammad Nur Rohmad (kedua dari kiri) menyerahkan suvenir kepada Wapemred Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo dalam pertemuan di Kantor Harian Jogja, Senin (21/10/2024). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa DIY akan menggelar Rakerwil dan Pelantikan Pengurus pada Minggu (27/10/2024) di Palbapang, Bantul. Perguruan silat ini siap membantu menangani berbagai persoalan sosial di DIY, khususnya berkaitan dengan anak muda.

Dewan Pembina Pimpinan Wilayah Pagar Nusa DIY KH Beny Susanto menjelaskan Pagar Nusa secara resmi organisasinya masuk DIY pada 2010 silam. Meski demikian jumlah anggotanya saat ini berkembang pesat. Perguruan silat ini memiliki komitmen untuk menjadi pagar bangsa, jika di level DIY tentu siap menjaga dan menopang keistimewaan DIY.

Advertisement

Beni menuturkan melalui berbagai kurikulum pencak silat dari semua umur, Pagar Nusa siap menjawab berbagai persoalan sosial di tengah masyarakat khususnya berkaitan dengan anak muda. Menurutnya Pagar Nusa bisa menjadi wadah bagi anak muda di DIY untuk berkegiatan positif.

"Maka kami siap menjawab tantangan problem sosial, anak muda, generasi Z di mana saat ini banyak digitalnya. Kalau hanya fokus di situ [pegang gadget] kemampuan psikomotoriknya akan kurang, kalau di Pagar Nusa dilatih motorik jadi lebih lincah, psikomotorik lebih terjaga," kata Beni saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Senin (21/0/2024).

Plt Ketua Pimpinan Wilayah Pagar Nusa DIY Muhammad Nur Rohmad menambahkan saat ini jumlah anggotanya lebih dari 3 ribu di seluruh DIY. Ia terus berusaha meningkatkan jumlah tersebut melalui berbagai inovasi kurikulum mulai dari usia 3 tahun sampai dengan perguruan tinggi.

"Kami berusaha mewadahi semua usia, jadi kurikulum yang kami siapkan menyesuaikan dengan usia. Tentu kami berharap semakin banyak anak muda bergabung untuk berkegiatan positif," ujarnya.

Adapun terkait rencana pelantikan pengurus periode 2022-2027 dan Rakerwil rencananya akan digelar Minggu (27/10/2024) dengan menghadirkan seluruh pengurus serta perwakilan dari kabupaten dan kota. Dalam perhelatan itu direncanakan ada atraksi pencak silat yang dilakukan para anggota Pagar Nusa.

"Eksistensi Pagar Nusa di DIY ini sangat penting untuk mewadahi minat masyarakat dalam bidang olahraga pencak silat dan pembinaan mental spiritual serta ber akhlakul karimah terutama bagi warga NU. Harapannya melalui Rakerwil nanti kami dapat menunjukkan eksistensinya secara resmi, legal, dan memiliki berbagai program yang menunjang kegiatan NU dalam
bidang pencak silat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Mendalami Kesaksian Sandra Dewi Terkait 88 Tas Mewah dalam Kasus Dugaan Korupsi Timah Harvey Moeis

News
| Senin, 21 Oktober 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement