Advertisement

Sortir Surat Suara Pilkada Kulonprogo Dimulai, Pengamanan 24 Jam

Triyo Handoko
Selasa, 22 Oktober 2024 - 15:27 WIB
Sunartono
Sortir Surat Suara Pilkada Kulonprogo Dimulai, Pengamanan 24 Jam Ilustrasi proses sortir surat suara Pilakda 2024. Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—KPU Kulonprogo sudah mulai melakukan sortir surat suara Pilkada 2024 pada Senin (21/10/2024) yang targetnya rampung pada Jumat (25/10/2024). Total surat suara yang disortir tersebut sebanyak 354.562, sedangkan yang berhasil dikerjakan pada hari pertama itu sebanyak 42 ribu.

Petugas yang melakukan sortir ini dari masyarakat lokal yang dilakukan di Gudang KPU Kulonprogo. Total terdapat 50 orang yang melakukan sortir sampai pelipatan surat suara tersebut.

Hasil sortir yang bertujuan untuk mengecek kelaikan surat suara pana hari pertama menunjukan tidak ada kerusakan berarti pada logistik Pilkada Kulonprogo itu. "Jumlahnya sangat kecil sekali yang rusak, mungkin karena ini dicetak dengan teknologi yang lebih mutakhir daripada surat suara Pemilu pada Februari lalu," jelas Ketua KPU Kulonprogo, Budi Priyana pada Selasa (22/10/2024).

Budi menjelaskan selama proses sortir ini pihaknya juga menerjunkan staf untuk melakukan pengawasan. "Ada juga dari Bawaslu yang melakukan pengawasan proses tersebut agar transparan dan akuntabel," katanya.

Budi menerangkan selain diawasi oleh staf dari KPU dan Bawaslu Kulonprogo, pengamanan terhadap lokasi sortir itu juga dilakukan selama 24 jam. Terdapat pengamanan internal dari KPU dan eksternal dari Polres Kulonprogo.

Puluhan petugas sortir ini, menurut Budi, juga sudah dilakukan pembekalan sebelum melakukan tugasnya. "Kemarin sudah kami bekali pemahaman, termasuk teknis sortirnya, pada hari pertama memang baru 42 ribu surat suara karena masih penyesuaian setelah itu kami yakin lebih banyak lagi hasilnya," ungkapnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kulonprogo, Marwanto membenarkan pihaknya juga turut mengawasi proses sortir tersebut. Pembekalan terhadap petugas sortir juga dilakukan lembaga pengawas tersebut.

Marwanto menyebut proses sortir ini bagian penting untuk menjamin Pilkada Kulonprogo berjalan sukses. "Harapan kami proses ini dapat berjalan lancar dan sesuai target agar Pilkada sukses digelar," ujarnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden RI Prabowo Ingin Bangun Kampung Khusus Jemaah Haji dan Umroh di Arab Saudi

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement