Advertisement

Program Makan Bergizi Gratis, Disdikpora DIY Masih Tunggu Petunjuk Teknis Pusat

Yosef Leon
Senin, 28 Oktober 2024 - 12:07 WIB
Maya Herawati
Program Makan Bergizi Gratis, Disdikpora DIY Masih Tunggu Petunjuk Teknis Pusat Contoh menu makan siang bergizi gratis. / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah bersiap untuk mengimplementasikan program makan bergizi gratis yang digagas Pemerintah Pusat.

Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan program ini di daerah.

Advertisement

 “Secara umum, kami belum memiliki juknis yang jelas mengenai program makan bergizi gratis ini. Kami baru melakukan rapat internal untuk membahas persiapan awal. Jadi, baik dari segi persiapan, pendanaan, maupun mekanisme pelaksanaannya, kami masih menunggu arahan lebih lanjut dari pusat,” ujar Didik, Senin (28/10/2024).

Didik menjelaskan bahwa saat ini program makan bergizi gratis masih dalam tahap uji coba di beberapa daerah, seperti Jakarta. Hasil dari uji coba tersebut diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Pusat dalam menyusun kebijakan yang lebih luas terkait program ini.

 “Di DIY sendiri, beberapa sekolah swasta telah melakukan uji coba program makan bergizi gratis bekerja sama dengan perguruan tinggi. Namun, jumlah sekolah yang terlibat masih sangat terbatas,” katanya.

Lebih lanjut, Didik menyampaikan bahwa Disdikpora DIY saat ini tengah mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk persiapan program ini, seperti jumlah siswa, serta peta lokasi sekolah di masing-masing kabupaten/kota.

BACA JUGA: Tiga Ribu Lebih Pengendara Melanggar Aturan Lalu Lintas Saat Operasi Zebra di Bantul

“Kami belum memutuskan apakah nantinya program ini akan menggunakan model dapur umum atau mekanisme lainnya. Selain itu, sumber pendanaan juga masih belum jelas. Apakah akan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah pusat atau ada kontribusi dari pemerintah daerah, kami masih menunggu kepastian,” terang Didik.

Didik menambahkan bahwa APBD DIY tahun 2025 sudah disahkan, sehingga jika ada tambahan anggaran untuk program makan bergizi gratis, maka harus melalui mekanisme perubahan anggaran.

“Program makan bergizi gratis ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi murid sekolah,” kata Didik.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seusai Retret Kabinet, Prabowo Menggelar Rapat dengan Sejumlah Kementerian

News
| Senin, 28 Oktober 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement