Advertisement

Artis Luna Maya Dijadwalkan Meramaikan Tour de Menoreh di Kulonprogo Akhir Pekan Ini

Triyo Handoko
Senin, 28 Oktober 2024 - 16:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Artis Luna Maya Dijadwalkan Meramaikan Tour de Menoreh di Kulonprogo Akhir Pekan Ini Tour de Menoreh 2024 yang diselenggarkan Dispar Kulonprogo.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Event sport tourism, Tour de Menoreh di Kulonprogo akan digelar pada Sabtu (2/11/2024). Event olahraga bersepeda ini juga bakal diisi berbagai acara hiburan dan menghadirkan artis nasional yaitu Luna Maya.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo yang mengelola acara sport tourism ini menyebut gelaran ini baru pertama kali diselenggarakan. Rutenya dimulai dari Kapanewon Wates lalu melewati Pengasih, Nanggulan, Kalibawang, Girimulyo kemudian Kokap dan berakhir di Wates lagi.

Advertisement

BACA JUGA: Pengembangan Industri, Disdagin Kulonprogo Keluarkan Inovasi Canting Cap Batik Motif Baru

Kepala Dispar Kulonprogo, Joko Mursito menjelaskan tujuan utama gelaran ini untuk mendongkrak pariwisata Bumi Binangun. Sekaligus menggenapi event sport tourism yang sudah ada mulai dari Glagah Tropical Run, perahu dayung, festival paralayang, hingga kompetisi bola voli.

Joko menerangkan selain mempromosikan pariwisata Kulonprogo, lewat Tour de Menoreh ini ia berharap pengembangan ekonomi kreatif dapat terus maksimal. "Selain itu juga mendukung peningkatan UMKM karena dengan event ini kami melibatkan para pelaku usaha kecil dan menengah supaya dapat meningkatkan promosi juga," paparnya.

Promosi wisata lewat Tour de Menoreh ini, jelas Joko, terutama dengan menyediakan pemandangan indah di sepanjang rutenya. "Rencananya ini jadi event rutin tahunan, supaya makin berdampak luas terutama pada ekonomi seperti peningkatan okupansi homestay," jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kulonprogo, Saryanto menerangkan ada beberapa kategori peserta dalam event itu antara lain fun bike dan bike race. "Harpannya banyak peserta dari luar wilayah agar promosi wisata makin maksimal," terangnya.

Saryanto menjelaskan lewat Tour de Menoreh diharapkan jumlah kunjungan wisata di Kulonprogo dapat meningkat. "Perkenalan potensi wisata ini akan kami maksimalkan, termasuk mendorong budaya lokal dan ekonomi kreatif jadi daya tarik yang akan dipromosikan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Inovasi AI Karya Anak Bangsa Jadi Juara di Samsung SFT 2024, UGM Favorit

News
| Senin, 28 Oktober 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement