Advertisement

Peringati Sumpah Pemuda, Puluhan Pemuda Lintas Agama Kulonprogo Bikin Kemah Kebangsaan

Triyo Handoko
Senin, 28 Oktober 2024 - 17:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Peringati Sumpah Pemuda, Puluhan Pemuda Lintas Agama Kulonprogo Bikin Kemah Kebangsaan Suasana Kemah Kebangsaan yang diikuti puluhan pemuda lintas agama di Bumi Binangun. Dok Kemenag Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO— Sebanyak 31 pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) mengikuti Kemah Kebangsaan di Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Sabtu-Minggu (26-27/10/2024). Kegiatan ini digelar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 2024.

Tujuan utama Kemah Kebangsaan ini untuk memperkuat kerukunan generasi muda terutama mempromosikan nilai-nilai perdamaian.

Advertisement

BACA JUGA: Berawal dari Gerakan Kecil, SRE Raih Penghargaan Dharma Karya Energi dari Kementerian ESDM

Ketua FPLA Kulonprogo Ceem Nara Zikiriya menerangkan kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat kerukunan generasi muda terutama mempromosikan nilai-nilai perdamaian. Kemah Kebangsaan digelar juga untuk merayakan momentum sumpah pemuda yang jadi salah satu perekat kebangsaan.

Nara menjelaskan peserta terdiri dari lima organisasi keagamaan dan karang taruna di Bumi Binangun. "Materi dalam Kemah Kebangsaan ini beragam, termasuk dampak dan pembangunan Kulonprogo," paparnya.

Kerukunan umat beragama penting untuk terus ditingkatkan, menurut Nara, terutama memasuki gelaran Pilkada 2024. "Melalui kemah ini kami juga saling menguatkan pentingnya persatuan dalam keberagaman," terangnya.

Komitmen persatuan dari pemuda lintas agama ini, jelas Nara, dikuatkan dengan meminimalisir diskriminasi dalam berbagai bentuknya. "Kami juga mengapresiasi Kemenag Kulonprogo yang mendukung kegiatan kami ini, semoga kedepannya makin banyak yang bisa difasilitasi," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kemenag Kulonprogo, Wahib Jamil menyebut Kemah Kebangsaan jadi salah satu medium yang strategis untuk terus mempromosikan kerukunan umat beragama. "Moderasi agama jadi lebih efektif dengan peran serta pemuda lintas agama dengan mempromosikan nilai-nilai kerukunan," terangnya.

Jamil yang juga jadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut mendorong peningkatan peran pemuda dalam menjaga komitmen persatuan yang ada. "Komitmen itu harus terus diwujudkan terutama dengan menyelesaikan setiap persoalan dengan damai, toleran, dan menjunjung tinggi kesetaraan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Inovasi AI Karya Anak Bangsa Jadi Juara di Samsung SFT 2024, UGM Favorit

News
| Senin, 28 Oktober 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement