Advertisement

SNMPTN 2018, Persaingan Pendaftar 3 Prodi UNY Tertinggi Se-Indonesia

Sunartono
Rabu, 18 April 2018 - 10:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
SNMPTN 2018, Persaingan Pendaftar 3 Prodi UNY Tertinggi Se-Indonesia Ilustrasi ujian masuk PTN. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS-Tiga program studi (prodi) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tercatat sebagai prodi dengan tingkat kompetisi terbesar se-Indonesia dalam Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018.

Ketua Panitia Pusat SNMPTN 2018 Prof Ravik Karsidi mengatakan Prodi Manajemen UNY merupakan satu dari lima prodi dengan tingkat ketetatan jumlah pendaftar tertinggi se-Indonesia. Selain Manajemen, Prodi Teknik Informatika dan Prodi Akuntansi UNY, diakui Ravik juga tak kalah ketatnya dalam SNMPTN tahun ini.

Advertisement

“Keketatan tertinggi untuk saintek adalah Prodi Farmasi Universitas Syah Kuala dan di urutan kedua adalah Pendidikan Teknik Informatika UNY. Sedangkan bidang soshum, urutan pertama adalah Prodi Manajemen disusul Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Prodi Akuntansi UNY ada di urutan ketiga,” katanya secara tertulis, Selasa (17/4).

Secara nasional, jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 110.946 dari total 586.155 pendaftar. Untuk beasiswa bidikmisi yang diterima sebanyak 28.069 calon mahasiswa dari total 144.450 pendaftar. Jawa Barat menjadi provinsi paling banyak pendaftar mencapai 87.298, DIY berada di urutan ke-13 dengan jumlah 12.566 pendaftar.

Selanjutnya, status penerimaan peserta SNMPTN untuk diterima di PTN tujuan akan ditentukan melalui hasil verifikasi data akademik yang akan dilaksanakan di PTN tempat peserta SNMPTN diterima.

Rektor UNY Prof Sutrisna Wibawa mengaku terkejut dengan Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran yang peminatnya tergolong tinggi meski tidak masuk sepuluh besar. Ia belum bisa mengidentifikasi secara valid faktornya, namun ada kemungkinan berkaitan dengan minat menjadi guru SMK pada program keahlian tertentu.

"Tingginya keketatan ini memang mengejutkan memang. Faktornya sih, kami baru menduga-duga saja ya, apakah minat ke guru SMK, karena prodi ini berkaitan dengan guru SMK," ungkapnya kepada Harian Jogja, kemarin.

Selain itu, tingginya peminat di prodi-prodi tersebut, kemungkinan juga bisa disebabkan karena popularitas dan kualitas kampus. Terlebih saat ini UNY sudah masuk peringkat 10 besar nasional dari ribuan perguruan tinggi di Indonesia.

“Jelas hal itu dapat mempengaruhi tingginya minat masuk ke UNY.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement