Advertisement

Cuma Rp45.000 Bisa Puas Berwisata River Tubing di Watu Tumpeng Gunungkidul

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 21 April 2018 - 07:50 WIB
Bhekti Suryani
Cuma Rp45.000 Bisa Puas Berwisata River Tubing di Watu Tumpeng Gunungkidul Gerbang masuk menuju River Tubing Watu Tumpeng, Playen, Jumat (20/4/2018). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Aliran Sungai Oya yang melewati wilayah Desa Getas, Playen dimanfaatkan sekelompok pemuda dan masyarakat setempat menjadi objek wisata minat khusus. Oleh kelompok tersebut, wisata berbasis alam ini dinamai River Tubing Watu Tumpeng.

Ketua kelompok pengelola River Tubing Watu Tumpeng, Agus Dwi Cahyono menungkapkan wisata tersebut mulai dirintis sejak pertengahan 2017 lalu. Saat itu lanjutnya ia bersama rekan-rekan pemuda dan dibantu Pokdarwis (kelompok sadar wisata) melihat adanya potensi wisata di tempat tersebut. “Dulu awalnya ketuanya bukan saya, tapi saya sudah ikut pas dulu lihat potensi di sana [River Tubing Watu Tumpeng] jadi kami bebarengan ngumpulin uang untuk mulai membangunnya,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Jumat (20/4/2018).

Advertisement

Namun Agus mengungkapkan kini wisata tersebut untuk sementara vakum. Pasalnya setelah diterjang banjir karena Badai Cempaka yang melanda DIY pada akhir 2017 lalu, beberapa fasilitas rusak parah.”Iya untuk sementara kami vakum, tapi dalam waktu dekat ini, kira-kira sebelum lebaran mulai dirintis lagi, buat pemasukan warga dan menambah lapangan pekerjaan,” jelasnya.  

Adapun sensasi yang dapat dinikmati pengunjung yakni berupa merasakan river tubing dengan arus yang memiliki beragam variasi. Adapun jarak tempuhnya sejauh 800 meter. Selain itu, sejauh 300 meter merupakan kombinasi arus untuk body rafting menantang. Di ujung lintasan, wisatawan masih mendapat bonus berupa air terjun Watulayah Sawangan. "Kami mematok harga Rp45.000 per orang dan sudah mendapatkan fasilitas pelampung ban dan pemandu,” kata Agus.

Akses jalan untuk menuju River Tubing Watu Tumpeng jika dari Bantul dapat melalui Dlingo lalu menuju Playen. Jika dari Kota Jogja dapat langsung menuju Playen atau juga melalui Wonosari lalu menuju ke arah Playen. Lokasi persis di pinggir jalan raya Playen-Dlingo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement