Advertisement

Sultan Ingin Jogja Tidak Macet saat Arus Mudik

I Ketut Sawitra Mustika
Selasa, 22 Mei 2018 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
Sultan Ingin Jogja Tidak Macet saat Arus Mudik Ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pada arus mudik tahun lalu, Kota Jogja relatif tidak macet.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X ingin agar hal itu kembali terulang tahun ini. Tapi, di saat bersamaan ia juga ingin para pemudik yang lewat daerah DIY tidak terjebak kemacetan yang melelahkan.

Advertisement

HB X memerintahkan jajaran di bawahnya mencari cara memecah arus, dengan cara mengindentifikasi jalur-jalur alternatif yang mungkin bisa dimanfaatkan. Setelah teridentifikasi, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY diminta untuk memasang petunjuk dengan jelas, karena tak semua pemudik mengerti akan jalur-jalur alternatif di wilayah DIY.

"Ngertine ming langsung terus ke arah airport [Bandara Internasional Adisutjipto], Jalan Solo atau memang lewat Jalan Prambanan ke selatan. Tapi kalau ke Sleman ke utara dan barat kan enggak tahu. Pilihan itu harus dilakukan supaya masuk kota tidak crowded," jelas HB X, pada rapat Forkompinda DIY, Senin (21/5/2018).

Kepala Dishub DIY Sigit Sapto Rahardjo mengatakan, akan segera berkoordinasi dengan Dishub kabupaten/kota untuk pemasangan rambu-rambu atau petunjuk arah  jalur alternatif di penggalan jalan utama.

Menurut Sigit, rekayasa lalu lintas yang diterapkan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Rekayasa yang ia maksud adalah memperlambat arus kendaraan yang masuk kota, dan sebaliknya, mempercepat akses keluar kota, dengan mengatur lampu lalu lintas sedemikian rupa.

"Terus kami diminta segera membuka penutupan JJLS [Jalur Jalan Lingkar Selatan], yang sekarang untuk bandara, supaya pas liburan bisa dibuka. Dibuka selama liburan aja, sampai H+10 lah," terang Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement