Advertisement

Merapi Erupsi Lagi, Kemungkinan Gabungan Freatik dan Magmatik

Newswire
Rabu, 23 Mei 2018 - 10:38 WIB
Kusnul Isti Qomah
Merapi Erupsi Lagi, Kemungkinan Gabungan Freatik dan Magmatik Gunung Merapi berstatus waspada, Selasa (22/5/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Merapi kembali mengalami letusan pada Rabu (23/5/2018) dini hari. Letusan kali ini dimungkinkan merupakan gabungan antara freatik dan magmatik.

Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG Yogyakarta Agus Budi Santoso membenarkan informasi adanya letusa Merapi. Ia mengatakan ada kemungkinan bahwa letusan freatik kali ini merupakan kombinasi dengan letusan magmatik.

Advertisement

"Iya betul. Ada kemungkinan kombinasi magmatis tapi sedang menunggu analisa abu," kata Agus melalui pesan singkat, Rabu.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Sleman Makwan mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap beraktivitas seperti biasa serta meningkatkan kewaspadaan.

"Gunakan alat pelindung diri [APD] apabila beraktifitas di luar rumah berupa masker, kacamata, jaket, penutup kepala dan alas kaki," kata dia.

Sekadar informasi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan telah terjadi letusan freatik atau keluarnya magma ke permukaan bumi di Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu pagi.

"Terjadi letusan jam 03.31 durasi 4 menit ketinggian 2.000 m [teramati dari PGM.Jrakah dan PGM. Kaliurang] arah barat daya," tulis akun twitter resmi BPPTKG dikutip di Jogja, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Oknum Pegawai Lion Air Jadi Sindikat Narkoba, Begini Modus Operasinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement