Advertisement

Napi Rutan Wates Dilatih Bersihkan Sepatu dan Meracik Kopi

Uli Febriarni
Minggu, 17 Juni 2018 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Napi Rutan Wates Dilatih Bersihkan Sepatu dan Meracik Kopi Lapas Cebongan, Sleman. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Wates menyiapkan 20 orang narapidana (napi) yang telah dilatih dengan beragam keahlian, untuk diikutkan dalam program khusus 2018 “Berbakti Pada Negeri, Merah Putih Narapidana”.

Kepala Rutan Kelas II B Wates, Teguh Suroso mengungkapkan, para napi yang dilibatkan dalam program tersebut adalah yang sudah menjalani dua pertiga masa pidana, bahkan mereka yang sudah mengantongi SK cuti bersyarat, cuti menjelang bebas, maupun pembebasan bersyarat.

Advertisement

Pelatihan yang diberikan kepada napi meliputi keahlian tukang kayu, tukang las, tukang bangunan, tukang peracik kopi, pembersih sepatu dan lainnya. Pelatihan tersebut dilakukan bekerjasama dengan PT Angkasa Pura I dan Balai Latihan Kerja (BLK). Setelah dinyatakan bisa mempraktikkan keahlian, mereka akan bertugas dalam program bedah rumah yang diinisiasi Pemkab Kulonprogo.

“Setiap Jumat teman-teman napi sekitar tiga sampai empat orang jalan ke Dinas-Dinas, sewaktu olahraga, sepatu Pegawai Negeri Sipil diambil, dibersihkan tanpa air. Penerima jasa bersih sepatu membayar sekitar Rp10.000 sampai Rp15.000. Kalau di mall mahal sekali bisa sampai Rp50.000," kata dia, Selasa (12/6/2018).

Program tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada napi agar tetap semangat dan berkarya, sebagai bekal bagi mereka bila sudah keluar dari Rutan. Menurut dia, aturan mengenai kegiatan napi di luar Rutan sudah ada, tinggal pihak Rutan menerapkannya dengan dorongan dan inovasi.

Rencananya, jasa perawatan sepatu oleh napi akan dibuka oleh napi dengan membuat tenda di tempat parkir Rutan.

Teguh menyebutkan, saat ini total ada 81 orang warga binaan di Rutan Wates, kebanyakan merupakan napi kasus judi dan pencurian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement