Advertisement

Sudah Libur Panjang Lebaran, Puluhan PNS Bantul Malah Telat Masuk Kerja

Ujang Hasanudin
Kamis, 21 Juni 2018 - 16:03 WIB
Bhekti Suryani
Sudah Libur Panjang Lebaran, Puluhan PNS Bantul Malah Telat Masuk Kerja Ilustrasi PNS. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Puluhan aparatur sipil negara (ASN) alias PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul terpantau telat masuk kerja pada hari pertama masuk setelah cuti bersama libur lebaran ini. Akibat keterlambatan tersebut tunjangan kinerja mereka terancam dipotong.

Inspektur Inspektorat Bantul, Hermawan Setiaji mengatakan dari hasil pemantauan jam kerja di semua organisasi perangkat daerah (OPD) Bantul diketahui terdapat 202 ASN yang tidak masuk kerja pada hari pertama seusai cuti bersama lebaran, kemarin.

Advertisement

Dari jumlah tersebut, kata dia, terdapat sejumlah ASN yang memang sedang bertugas atas perintah pimpinan masing-masing OPD. Sementara lainnya ada yang cuti, lepas piket, sakit, tugas belajar. Namun ada juga yang tidak masuk tanpa keterangan, serta ASN yang telat masuk kerja.

"Yang tidak masuk tanpa keterangan hanya satu orang di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga," kata Hermawan di ruang kerjanya, Kamis (21/6/2018). Sementara yang telat masuk terdapat 52 ASN yang tersebar di beberaa OPD.

Menurut dia, seorang ASN yang bolos akan diproses sesuai disiplin ASN. Seorang ASN tersebut terancam mendapatkan sanksi berlapis mulai dari tidak mendapatkan tunjangan kinerja hingga sanksi disiplin. Sementara 52 ASN yang telah akan mendapat pemotongan tunjangan.

"Yang telat meskipun ada alasan karena macet di jalan tetap ada proses punishment, yakni teguran dari pimpinan OPD dan potongan TPP [Tunjangan Perbaikan Penghasilan atau tunjangan kinerjan]," papar Hermawan.

Ia mengatakan saat ini ASN di Bantul tidak bisa memanipulasi jam kerja, karena kehadiran ASN sudah tersistem melalui absensi digital, sehingga keterlambatan 10-30 menit pun akan ketahuan dan rumusan sanksi pemotongan tunjangan sudah diatur dan sudah diketahui oleh semua ASN di Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelundupan Paket Ganja via Ekspedisi Berhasil Digagalkan, Ini Kronologinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement