Advertisement

Ini Manfaat Tol Melayang Versi Pemkab Sleman

Irwan A Syambudi
Kamis, 28 Juni 2018 - 12:50 WIB
Bhekti Suryani
Ini Manfaat Tol Melayang Versi Pemkab Sleman Ilustrasi pembangunan jalan tol. - Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sleman meyakini adanya Tol Melayang di atas Ring Road Utara, Kabupaten Sleman akan membawa dampak positif terhadap perekonomian.

Kepala Bappeda Sleman, Kunto Riyadi mengatakan jalan tol pada hakekatnya adalah sarana untuk memperlancar transportasi, mempercepat perjalanan menuju suatu daerah. Sehingga dengan adanya tol di DIY, maka orang luar daerah dapat lebih mudah ke DIY. Dampaknya sektor lain seperti pariwisata juga akan mendapatkan manfaat.

Advertisement

“Dampak secara ekonomi pasti positif, karena orang banyak ke DIY dan transportasinya lancar. Selain ekonomi di sektor pariwisata akan menigkat, bahan kebutuhan pokok juga bisa jadi lebih murah karena transportasi biaya logistik lebih murah dan cepat,” kata dia kepada Harianjogja.com, Rabu (26/6/2018).

Diakuinya jika jalan tol melayang di atas Ring Road Utara secara langsung memang tidak dapat dirasakan oleh warga di sekitar. Pasalnya jalan Tol tidak memungkinkan untuk penggunanya singgah, sehingga usaha di sekitar jalan tol tidak secara langsung mendapatkan manfaatnya.

Menurut Kunto, jalan tol di atas Ring Road Utara tidak akan mempengaruhi Ring Road Utara itu sendiri. Malah menurutnya hal ini akan membuat masyarkat memiliki pilihan lebih antara memilih jalur yang gratis atau yang berbayar untuk mencapai tempat tujuan.

Di sisi lain, Kunto mengapresiasi konsep jalan tol melayang yang diusulkan oleh Gubernur DIY. Menurutnya dengan tol melayang tanpa harus membuka lahan baru, maka meninimalisir dampak sosial akibat pembebasan lahan. “Belum lagi kalau harus di lewatkan jalur baru yang ada sawah-sawah itu kan malah merusak,” kata Kunto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement