Advertisement

Waduh, Instagram Ustaz Wijayanto Dipalsu untuk Galang Dana

Irwan A Syambudi
Jum'at, 29 Juni 2018 - 19:16 WIB
Kusnul Isti Qomah
Waduh, Instagram Ustaz Wijayanto Dipalsu untuk Galang Dana Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo (kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan di Polda DIY, Jumat (29/6/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Ustaz Wijayanto melapor ke Polda DIY atas pemalsuan akun Instagram yang mengatasnamakan dirinya. Dengan memalsukan akun tersebut pelaku menggalang dana ratusan juta rupiah untuk kepentingan pribadi.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo mengatakan, beberapa waktu lalu Ustaz Wijayanto melaporkan sebuah akun palsu yang mengatasnamakan dirinya karena dianggap telah meresahkan. Akun palsu itu mengumpulkan uang dengan dalih untuk sumbangan bencana dan anak yatim. Namun, uang terkumpul hingga ratusan juta untuk kepentingan pribadi.

Advertisement

"Kami kemudian melakukan penyelidikan, setelah diketahui IP [internet protocol] dan diketahui di mana dia [pelaku] kami tangkap orangnya," kata dia, Jumat (29/6/2018).

Pelaku ditangkap di Lampung beberapa hari setelah Lebaran. Saat ini pelaku pun langsung diamankan di Polda DIY. Namun, untuk penanganan lebih lanjut kasus ini ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY karena menyangkut Undang-Udang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Barang bukti yang kami amankan ada sejumlah uang dan bukti setor transfer rekening. Selain itu, juga bukti-bukti ponstingan dari akun palsu tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Ditreskrimsus Polda DIY Kombes Pol Gatot Budi Utomo membenarkan bahwa saat ini kasus tersebut telah ditangani oleh pihaknya. Namun, ia belum mau memberikan keterangan lebih banyak termasuk menyebutkan identitas pelaku.

"Sudah dibuat laporannya dua hari yang lalu. Sementara saat ini masih sidik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement