PENCALEGAN GUNUNGKIDUL: Suharno Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri

Suharno - Ist/Dok Pribadi
10 Juli 2018 14:20 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno secara resmi melayangkan surat pengunduran diri dari PDIP. Hal ini dilakukan sebagai langkah konkrit setelah dia memutuskan hengkang ke partai Nasdem.

Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan surat pengunduran diri Suharno diterima pihaknya pada Minggu (8/7/2018). Surat itu berisi pengundurkan diri dari keanggotaan maupun kepengurusan partai serta anggota Fraksi di DPRD Gunungkidul. “Tidak dipecat, yang bersangkutan mengundurkan diri,” ucap Endah, Selasa (10/7/2018).

Anak Suharno, Rian Eko yang turut pindah ke Partai Nasdem juga telah melayangkan surat serupa. Pasca-terbitnya surat pengunduran diri tersebut, pengurus PDIP Gunungkidul lantas menggelar rapat pleno di kantor DPC PDIP Gunungkidul pada Senin kemarin. Rapat tersebut membahas langkah konstitusional ihwal perubahan struktur kepengurusan maupun kebijakan Pergantian Antar Waktu (PAW) Suharno dari keanggotaannya di Fraksi.

Rapat pleno tersebut juga membahas usulan nama pengganti Suharno di keanggotaan DPRD Gunungkidul. Adapun nama Dwi Winasto lah yang terpilih lantaran meraih suara terbanyak ke 5 dalam dalam Pemilu 2014 lalu.

Disinggung ihwal pengganti Suharno di jabatan ketua dewan, Endah mengaku saat ini belum mengetahui secara pasti. Saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dari DPP PDIP guna menentukan langkah selanjutnya.

"Yang pasti, proses PAW maupun pergantian Ketua DPRD akan dikebut dan bisa diselesaikan pada bulan Agustus 2018 mendatang."