Sowan ke Sultan, Ini yang Disampaikan PPDI DIY

Ilustrasi Difabel. - JIBI
16 Juli 2018 16:20 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di kompleks Kepatihan, Senin (16/7/2018), Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) DIY berharap pihak terkait untuk memfasilitasi pembentukan koperasi pengusaha penyandang disabilitas. Nantinya para difabel yang butuh modal pengembangan usaha bisa mengajukan ke koperasi tersebut.

Ketua PPDI DIY Ujang Kamaluddin Ujang mengatakan dalam pertemuan tersebut, HB X bersedia untuk memfasilitasi embentukan koperasi pengusaha penyandang disabilitas tersebut. Sementara bagi yang belum punya usaha, mereka akan diidentifikasi terkait bakat, keinginan dan kemampuan. Setelah proses identifikasi selesai, mereka akan dilatih agar bisa berkembang. "Gubernur juga setuju mengadakan penelitian mengenai relevansi disabilitas di dunia usaha dan industri."

Kepala Dinas Sosial DIY Untung Sukaryadi membenarkan pernyataan Ujang. Menurutnya, dengan adanya koperasi, Gubernur DIY bisa lebih membantu pengembangan usaha penyandang disabilitas. "Koperasi [bagi] difabel selama ini belum ada."

Ad Tokopedia