Advertisement

Asyik...Idul Adha di Jogja Tahun Ini Bakal Banyak Sapi Kurban

Salsabila Annisa Azmi
Selasa, 07 Agustus 2018 - 17:50 WIB
Bhekti Suryani
Asyik...Idul Adha di Jogja Tahun Ini Bakal Banyak Sapi Kurban Ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pergeseran cara berkurban masyarakat Kota Jogja menggunakan lembaga penyalur kurban semakin terlihat. Akibatnya banyak hewan kurban dari Kota Jogja yang dikirim ke luar kota. Namun jumlah sapi yang masuk ke Kota Jogja justru mengalami peningkatan setiap tahun.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Sugeng Darmanto mengatakan pergeseran kebiasaan masyarakat menyalurkan kurban ke lembaga penyalur diimbangi dengan meningkatnya jumlah pedagang dari luar kota setiap tahunnya. "Dibuktikan dengan titik penjualan hewan kurban yang bertambah tiap tahun. Tahun lalu 118 titik, tahun ini prediksi bertambah 10 persen," kata Sugeng, Selasa (7/8/2018).

Advertisement

Sugeng mengatakan saat ini banyak pedagang baru dari luar kota seperti Boyolali, Klaten dan Gunungkidul yang memiliki jumlah hewan kurban berlebih. Sehingga dalam berdagang membutuhkan lebih dari satu titik tempat berjualan.

Terkait kebutuhan hewan kurban untuk disembelih di Kota Jogja, Sugeng mengatakan belum bisa memprediksi jumlahnya. Sebab angka pengiriman hewan kurban melalui lembaga penyalur masih belum bisa diprediksi.

"Tetapi untuk tren pembelian daging kurban di Kota Jogja sekarang beralih ke sapi. Sapi yang datang ke Kota Jogja jumlahnya meningkat 10% tiap tahun. Karena urunannya lebih murah, dagingnya lebih banyak, masyarakat suka," kata Sugeng.

Sugeng mengatakan rata-rata harga hewan kurban yang dipatok pedagang di Kota Jogja masih terjangkau. Untuk kambing rata-rata dijual sebesar Rp2,5 Juta per ekor sedangkan sapi dijual rata-rata maksimal Rp19 Juta. Biasanya satu ekor daging sapi akan dibeli secara urunan bersama sekitar 30 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

WhatsApp Bocor, Israel Dikabarkan Gunakan Data untuk Serang Rumah Warga Palestina

News
| Rabu, 24 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement